Polres Mimika dan Berbagai Komponen Masyarakat Deklarasikan Papua Damai

Tribratanews.polri.go.id – Mimika. Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto, S.I.K., M.H., bersama unsur TNI-Polri dan Forkopimda Kabupaten Mimika menggelar deklarasi “Papua Damai” di Gedung Eme Neme Yauwere Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (12/09/19).

Dalam deklarasi yang melibatkan para tokoh dan komponen masyarakat ini diharapkan mampu mewujudkan Kabupaten Mimika menjadi wilayah zona damai, bermartabat dan mempererat tali persaudaraan sesama anak bangsa.

Selain itu, juga untuk mengaktualisasikan kehidupan Berbhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI untuk menyongsong perhelatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020.

Dalam sambutannya, Kapolres Mimika mengatakan bahwa semoga deklarasi damai seluruh tokoh di Mimika itu sangat positif untuk membangun kesadaran bersama untuk menjaga Mimika yang aman, damai dan rukun di tengah kebhinekaan suku, agama, ras dan golongan. Sebab, sebelumnya Timika sempat dilanda kerusuhan pada 21 Agustus 2019 lalu saat berlangsung aksi unjuk rasa warga Papua menyikapi kasus rasisme yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya, Malang dan Semarang.

Diakhir kegiatan, Kapolres memimpin Deklarasi Damai bersama yang diikuti unsur TNI-Polri, Forkopimda Kabupaten Mimika serta seluruh komponen dari tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda serta lembaga swadaya masyarakat.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password