Polisi Menetapkan Sebanyak 175 Orang dan 4 Korporasi Sebagai Tersangka Karhutla

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Hingga September 2019, sebanyak 175 orang telah ditetapkan jajaran Kepolisian sebagai tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Selain perorangan, 4 korporasi juga dijadikan tersangka dalam kasus kebakaran hutan dan lahan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. menjelaskan bahwa keempat tersangka dari korporasi sawit tersebut antara lain PT Sepanjang Inti Surya Usaha (SISU) dan PT Surya Argo Palma (SAP) dari Kalimantan Barat, PT Palmindo Gemilang Kencana dari Kalimantan Tengah dan PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) dari Riau.

“Jumlah tersangka perorangan terkait masalah karhutla tahun 2019 ini sampai dengan September ada 175 tersangka, ini perorangan atau individu. Dengan jumlah korporasi yang ditetapkan 4 korporasi,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Selasa (10/09/19).

Jenderal bintang satu tersebut mengatakan tersangka tersebut ditangkap di 6 wilayah. Keenam wilayah itu adalah Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

Karo Penmas menjelaskan bahwa dalam sepekan terakhir, terjadi peningkatan titik api di sejumlah wilayah. Peningkatan tertinggi,  terpantau di Riau dan Jambi.

Berikut luas lahan terbakar dan jumlah tersangka di Sumatera dan Kalimantan:
Riau:
Luas area terbakar 491 ribu hektare, 42 tersangka perorangan dan 1 korporasi.
Sumsel:
Luas area terbakar 7 ribu hektare. Jumlah tersangka 18 orang.
Jambi:
Luas area terbakar 23 ribu hektare. Jumlah tersangka 14 orang.
Kalsel:
Luas area terbakar 2 ribu hektare. Jumlah tersangka 2 orang.
Kalteng:
Luas area terbakar 338 ribu hektare. Jumlah tersangka 45 orang dan 1 korporasi.
Kalbar:
Luas area terbakar 69 ribu hektare. Jumlah tersangka 54 orang dan 2 korporasi.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password