Polda Metro Pasang Kamera ETLE, Demi Sterilkan Jalur Busway Dari Pengendara R2 Dan R4

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas) Kombes. Pol. Yusuf, Menyampaikan bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya berkerja sama dengan PT Transportasi Jakarta untuk pemasangan kamera sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalur Transjakarta.

 

“Jalur Transjakarta diharapkan steril dari pengendara lain selain transjakarta,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Senin (9/9).

 

Ditlantas menerangkan, dengan adanya pemasangan kamera tilang elektronik itu, maka kepolisian akan melakukan penindakan terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalur Transjakarta.

 

“Yang masuk ke kawasan transjakarta atau dijalur separatornya transjakata itu di dalam itu kita akan laksanakan penindakan,” jelas Kombes Pol. Yusuf.

 

Penerapan sistem tilang elektronik  tak hanya berlaku untuk kendaraan roda empat. Namun, untuk penerapan di jalur Transjakarta, sistem tersebut juga berlaku untuk kendaraan roda dua.

 

“Jadi seluruh kendaraan apakah roda dua, roda empat dan sebagainya, nanti yang masuk ke jalur busyway terekam sama kamera ETLE atau petugas yang ada di sana pasti kita laksanakan penindakan,” tutur Dirlantas.

 

Kombes. Pol. Yusuf, menuturkan untuk proses penindakan terhadap para pelanggar bakal dilakukan secara manual dan lewat sistem tilang elektronik.

 

Meski begitu, kata Nasir, tetap ada sejumlah kendaraan yang mendapat pengecualian, antara lain mobil pemadam kebakaran hingga mobil ambulans.

 

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menyampaikan pemasangan kamera ETLE di jalur Transjakarta diharapkan mampu meningkatkan sterilisasi jalur dari kendaraan bermotor lainnya.

 

Dengan demikian, kenyamanan pengguna Transjakarta juga meningkat lantaran ketepatan waktu bus juga meningkat.

 

“Kami dapat banyak masukan yang paling penting adalah jalur itu steril supaya diketahui dengan akurat kapan bus datang dan kapan tiba di tempat,” ucap Agung.

 

Lebih lanjut, Agung berharap kamera ETLE itu bisa segera diterapkan paling lambat bulan Oktober mendatang.

 

Py/sw/hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password