Polda Papua Tetapkan 31 Tersangka Terkait Demo yang Berujung Ricuh di Jayapura

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Polda Papua tetapkan 31 orang tersangka setelah menerima 176 laporan tentang perusakan dan pembakaran terkait demo yang berujung ricuh yang terjadi di Jayapura, Papua.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal yang mengatakan bahwa kejadian di Waena, Abepura, Kotaraja, Entrop dan Jayapura, Papua. Dari hasil laporan tersebut kami telah menetapkan 31 orang sebagai tersangka dalam kerusuhan yang terjadi di Jayapura.

“Dari 31 tersangka diantaranya yaitu berinisial RA, LN, RW, DK, MH, IH, YMM, JW, WW, EH, VY, YA, MA, YPS, YL, ALN, PK, TS, OH, PE, PM, AA, RT, LB, DH, YW, PW, AT, AG, FK dan VCD. Untuk mengetahui dan mendalami peran dari para tersangka tersebut, saat ini Kepolisian Polda Papua masih memeriksa tersangka dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Apa yang digunakan, tempat yang dilempar dan perbuatan apa yang dilakukan,” tambah Kabid Humas Polda Papua.

“Sampai saat ini situasi di Jayapura berangsur normal, terlihat dari aktivitas masyarakat yang sudah kembali seperti sedia kala baik di pusat perbelanjaan maupun fasilitas publik. Aktivitas belajar mengajar kembali normal. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh warga agar tetap beraktivitas seperti biasa, aparat gabungan TNI-Polri terus melakukan patroli untuk menjamin keamanan Kota Jayapura,” tegas Kabid Humas Polda Papua di Mapolda Papua, Senin (09/09/19).

Akibat perbuatan 31 tersangka tersebut, kini pelaku dijerat dengan Pasal 170 ayat 1 KUHP, Pasal 365 KUHP, 187 KUHP, 160 KUHP, Pasal 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Kemudian, Pasal 106 jo 87 KUHP dan atau pasal 110 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan 2, Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 dan atau pasal 66 Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password