Polda Jabar Ungkap Peredaran Kosmetik Kadaluarsa dengan Modus Menghapus Tanggal Masa Pemakaian

Tribratanews.polri.go.idBandung. Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar berhasil mengungkap Peredaran alat kosmetik dari seorang pengusaha kosmetik di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Alat kosmetik ini, dijual olah pelaku dengan harga di bawah pasaran. Pelaku membeli alat kecantikan tersebut sudah dalam keadaan kadaluarsa, kemudian di reproduksi kembali sebelum di jual.

“Pelaku ini mengganti barcode kadaluarsa, kemudian menempel barcode yang baru,” jelas Direktur Reskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Samudi, Senin (09/09/19).

Pelaku yang diketahui berinisial P ini, telah menjalankan bisnisnya ini sejak 2016. Praktik reproduksi alat kosmetik ini terungkap, setelah polisi lakukan operasi tangkap tangan pada Minggu 8 September 2019 kemarin.

Tersangka juga memperkerjakan 4 orang karyawan yang digaji sebesar Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) sampai dengan Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) perbulan.

Keuntungan yang diperoleh tersangka P alias H perminggu sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah)sampai dengan Rp 10.000.000,-(sepuluh juta rupiah).

Dalam pengungkapan ini Polisi amankan barang bukti berupa ribuan alat kecantikan dan berbagai barcode merek-merek kosmetik terkenal. Polisi juga tengah melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang anak buah dari pelaku P.

“Kita terapkan pasal 62 ayat 1 Jo ayat 8 Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman pidana diatas lima tahun penjara,” tutup Kombes Pol Samudi .

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password