Kapolda Riau Bersama BPBD Provinsi Cek Lokasi TNTN

Tribratanews.polri.go.id – Riau. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau melakukan patroli gabungan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi serta BMKG Pekanbaru, untuk mengecek lokasi Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) di Kabupaten Pelalawan, Kamis (22/8).

Dalam pengecekan titik api di kawasan areal kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut, tim Satgas menemukan 15 ekor gajah jinak. Dampak dari kebakaran lahan ini, masih belum mengkhawatirkan ekosistem satwa dilindungi ini.

Kapolda Riau Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo MM menyebutkan pihaknya tetap melakukan penyelidikan dan penanggulangan kebakaran lahan di wilayah hukumnya.

“Kami tidak tinggal diam dalam penanggulangan bencana Karhutla Di Riau. Kami akan tindak tegas pelaku pembakaran lahan,” tutur Kapolda.

Sementara itu, Kapolda meyakinkan kawanan gajah-gajah jinak yang menempati kawasan di Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) Kabupaten Pelalawan dalam keadaan aman dari jangkauan kebakaran.

Menurut Kapolda, penangkaran kawanan gajah jinak ini masih dalam kondisi sehat dan aman. Untuk penempatan kandangnya telah ditempatkan di wilayah yang terisolir dari kebakaran Hutan di kawasan Teso Nilo.

“Selain pengecekan kabakaran lahan dan titik api, kita juga meninjau langsung penangkaran kawanan gajah-gajah ini. Ada sebanyak 15 ekor mulai dari anakan hingga induknya masih kondisi aman dari jangkaun kebakaran lahan,” sebut Kapolda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password