Polda Kalbar Intensifkan Patroli Udara Cegah Meluasnya Titik Api di Kalbar

Tribratanews.polri.go.id-Pontianak.Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Kalimantan Barat (Kalbar), Kombes Pol Jayadi menyebutkan sebaran titik api di wilayah Kalimantan Barat hampir mendekati 3.500 titik , dan 4 hari terakhir sudah merata di seluruh kabupaten di Kalimantan Barat.

Hal tersebut disampaikan Karo Ops Polda Kalbar dalam rapat Koordinasi para stakeholders terkait penanganan karhutla di Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Karo Ops juga mengatakan bahwa saat ini Polda Kalbar terus melakukan upaya penanganan dengan melaksanakan patroli udara, dan didapat perlu dilakukan langkah yang tepat.

Selain itu bersama Forkopimda juga sudah membentuk satgas gabungan untuk menangani kasus karhutla. Sampai hari masih bekerja di lapangan, dan satgas lain pun masih bekerja di lapangan.
Karo Ops menambahkan, saat ini sudah dipetakan bahwa hotspot terbanyak berada di lahan konsesi di kabupaten/kota di Kalbar. Sehingga diharapkan bupati dan jajaran memiliki kewenangan penuh dalam kepemilikan lahan konsesi.

Tindakan tegas akan dilakukan oleh Polda Kalbar terkait masalah karhutla. Berdasarkan Pergub nomor 39 tahun 2019 yang substansinya adalah apabila ada hotpsot di lahan konsesi (yang ijinnya diterbitkan oleh bupati) apabila disengaja, maka lahan konsesi akan dipending selama 5 tahun, apabila tidak sengaja maka akan dipending 3 tahun.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password