Tim DVI RS Polri Kramat Jati Telah Identifikasi Korban Kecelakaan Tol Cipularang

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Hasil pemeriksaan Tim Disaster Victims Identification (DVI) RS Polri Kramat Jati terhadap dua body part (bagian tubuh) yang dikirim pada Kamis (5/9/2019) sudah rampung.

Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati Kombes Pol Edy Purnomo mengatakan body part yang dikirim dari Polda Jawa Barat dipastikan bagian tubuh dari korban kecelakaan Tol Cipularang KM 91.

“Bagian tubuh, tapi sudah menjadi arang semua. Tidak bisa diperiksa DNA-nya,” kata Kepala Instalasi Forensik di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2019).
Meski dipastikan kedua body part merupakan tubuh korban kecelakaan Tol Cipularang KM 91, belum dapat dipastikan korban kecelakaan bertambah.

Kepala Instalasi Forensik menjelaskan perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan body part bukan bagian tubuh dari empat jasad yang hingga kini belum teridentifikasi.

“Belum ada kesimpulan (korban bertambah atau tidak),” jelas Kombes Pol Edy Purnomo.

Sebelumnya, pada Selasa (4/9/2019) RS Polri menerima empat jenazah korban kecelakaan Tol Cipularang KM 91 berjenis kelamin perempuan berusia dewasa.

Saat kedua body part tiba di RS Polri, Tim DVI belum dapat memastikan body part tersebut memang bagian tubuh manusia atau bukan karena buruknya kondisi.

“Body part yang datang dua kantong potongan kecil-kecil, kami juga sulit menentukan potongan tubuh mana saja. Karena sudah hampir seperti arang, DNA-nya juga enggak keluar,” tutur Kombes Pol Edy Purnomo, Jumat (6/9/2019).

Tim DVI sudah melakukan pemeriksaan gigi untuk mengidentifikasi korban, namun gagal kondisi gigi keempatnya tak utuh dan data antemortem belum lengkap.

Identifikasi menggunakan pemeriksaan sidik jari tak bisa dilakukan karena keempat jasad sudah jadi arang atau kondisinya hanya 40 persen.

Sementara pemeriksaan DNA yang termasuk tiga parameter identifikasi DVI yakni sidik jari, gigi, dan DNA ditarget rampung awal pekan depan.

Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati Kombes Edy Purnomo mengatakan pemeriksaan yang dimaksud yakni memastikan dua bagian tubuh kiriman Polda Jawa Barat itu merupakan bagian jasad.

“Pemeriksaan sebentar, besok sudah kelihatan. Informasi kerja sama dengan Polda Jawa Barat ada empat mobil yang terbakar habis. Kami duga korban-korban ini berasal dari mobil tersebut,” kata Kepala Instalasi Forensik di RS Polri Kramat Jati, Jumat (6/9/2019).

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password