Peringati HUT Lalu Lintas ke-64 Tahun 2019, Polda Bengkulu Gelar Kampanye Keselamatan dalam Berlalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id – Bengkulu. Dalam memperingati hari Ulang Tahun Lalu Lintas ke-64, Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu, menggelar kampanye keselamatan dalam berlalu lintas yang dilaksanakan di Bencoolen Mall, Minggu(08/09/19).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama Polda bengkulu, dari Jasa raharja, Kadis PU Kota Bengkulu, Komunitas motor Bengkulu, dan masyarakat yang ikut mendeklarasikan keselamatan berlalu lintas.

Adapun tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara di jalanan agar meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas. Dengan mengajak masyarakat menjadi pengendara yang tertib, taat aturan dan mengutamakan keselamatan dijalan.

Dalam sambutannya, Dirlantas Polda Bengkulu, Kombes Pol Dedi Rahmandayan menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilakukan guna memupuk kesadaran masyarakat khususnya generasi muda untuk mengutamakan keselamatan berlalu lintas. Mengingat berdasarkan angka kecelakaan banyak didominasi oleh kalangan generasi muda yang masih labil dijalanan. Intinya dalam acara ini kita meningkatkan kembali kesadaran keselamatan berlalu lintas. Apalagi generasi muda yang paling tinggi menjadi korban kecelakaan, apalagi ada yang meninggal dunia kan kasihan, masih muda ada yang patah-patah anggota tubuhnya karena kecelakaan. Nanti kan masa depannya juga bisa hancur karena kecelakaan, itu yang mau kita minimalisir.

Selain itu Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman juga mengatakan mirisnya usia korban kecelakaan terbanyak dialami oleh usia muda 0-30 tahun sebanyak 3,17 persen. Sedangkan usia 31 keatas sebanyak 1,17 persen. berdasarkan data kecelakaan lalu libtas selama Januari hingga Juni 2019, angka kejadian kecelakaan tercatat sebanyak 275 kejadian dengan 120 orang meninggal dunia, 133 mengalami luka berat, dan 251 mengalami luka ringan. Serta menimbulkan kerugian materil sebanyak Rp 1,7 miliyar lebih.

“Akibat terjadinya kecelakaan lalu lintas pasti diawali dengan pelanggaran, ya penyebab pelanggaran itu ada 2 faktor, yaitu budaya disiplin manusianya yang masih rendah dan faktor sering mengubah bentuk kendaraan atau memodifikasi kendaraan yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Nah masalah inilah yang awalnya harus kita cegah, salah satunya dengan mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas. Untuk itu saya berharap perlu adanya sinergitas antara Polri dan pemangku kepentingan lalu lintas serta masyarakat tetap terjalin baik agar program dekade aksi keselamatan dijalanan akan berjalan dengan baik,” tambah Kapolda Bengkulu.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password