Silaturahmi Jaga Persaudaraan Warga Jawa Timur Biak Numfor di Tanah Papua, Polisi Sampaikan Pesan Kamtibmas

Tribratanews.polri.go.id. – Biak. Dalam rangka silaturahmi menjaga persaudaraan sesama anak bangsa warga Jawa Timur Biak Numfor bersama masyarakat Biak, Kapolres Biak Numfor hadiri kegiatan ramah tamah yang diselenggarakan di Pantai Water Basis Biak, Sabtu (7/9).

 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Paguyuban kerukunan Jawa Timur tersebut dihadiri juga oleh Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan, Kajari Biak Sigit J. Pribadi, Asisten I Setda Kab. Biak Numfor Frits G. Sanadi, S.Sos, Ketua Paguyuban Jawa Timur Iwan Ismulyanto, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Biak.

 

Dalam sambutannya, Ketua Paguyuban Jatim mengutuk keras rasisme yang terjadi beberapa waktu lalu kepada mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. Seperti pepatah mengatakan bahwa dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung, dan semua segala adat istiadat kita harus junjung tinggi sebagai harkat dan martabat manusia.

 

“Sebagai warga Jawa Timur, sebagai warga Indonesia, saya mengutuk keras pernyataan-pernyataan yang berbau rasis terhadap orang Papua. Saya juga orang Papua karena saya lahir dan besar di Papua,” ucapnya.

 

Ia juga mendukung pihak Kepolisian untuk menangkap aktor intelektual yang bermain dan berharap kondisi Papua segera aman dan damai. Senada dengan itu, Bapak Melianus Maryen mewakili Tokoh Masyarakat Biak mengatakan dalam hidup ini ada dua hal penting yang pertama hubungan secara vertical kepada Tuhan dan yang kedua hubungan horizontal terhadap sesama.

 

“Itu bukan orangnya, tapi perlakuannya, itu yang harus kita lawan. Maka saya minta untuk seluruh orang Papua dimanapun berada, khususnya wilayah di Kabupaten Biak Numfor, mari kita bergandeng tangan dengan saudara-saudara kita yang ada diatas tanah Papua ini untuk berdiri bersama-sama untuk melawan sikap, perilaku yang merendahkan martabat kita orang Papua, itu yang kita lawan. Mari kita jadi teladan bahwa kita cinta akan kedamaian dan kerukunan, kami tidak menentang orang berdasarkan warna kulit dan agama,” tegasnya.

 

Sementara itu Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, SIK., M.Si mengucapkan terima kasih dan mengucap syukur karena sampai saat ini Kabupaten Biak dalam keadaan aman dan kondusif.

 

Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang tidak benar atau Hoax, kalau ada informasi yang perlu ditanyakan silahkan dikonfirmasi kepada pihak-pihak yang berwajib.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password