Amankan 600 Kg lobster, Polda NTT Tangkap 2 Nelayan Asal NTB

Tribratanews.polri.go.id- Kupang. Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda NTT menyita ratusan lobster dengan berat 600 kilogram dari dua nelayan asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang melakukan penangkapan tanpa izin di perairan provinsi berbasis kepulauan tersebut.

“Ada tiga jenis lobster yang kami temukan saat mengamankan para pelaku ini, yakni lobster Batik, Bambu, dan Lobster Batu,” kata Kepala Seksi Tindak Subdit Penegakan Hukum Ditpolairud Polda NTT AKPB Andi M Rahmat, Kamis (06/09/19)

Dalam hal ini Kepala Seksi Tindak Subdit Penegakan Hukum Ditpolairud Polda NTT menjelaskan bahwa 2 nelayan yang di tangkap berasal dari NTB yang berinisial S yang menggunakan kapal motor nelayan Pengembara GT 19, Sementara yang satu lagi berinisial B menggunakan kapal motor nelayan bernama Yuliani GT 12 Kedua berasal dari Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat.
Saat ini dua kapal nelayan itu saat ini diamankan di dermaga Polairud Polda NTT sambil menunggu perintah lanjut
Selain itu, Kepala Seksi Tindak Subdit Penegakan Hukum Ditpolairud Polda NTT AKPB Andi M Rahmat mengatakan ika ada nelayan dari luar daerah yang ingin menangkap ikan di wilayah perairan NTT harus membawa sejumlah kelengkapan seperti Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) kemudian surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

“Jika tidak mengantongi kedua surat itu maka akan kami tangkap dan amankan,” tutur AKPB Andi M Rahmat.
Kedua Pelaku akan melanggar pasal 93 ayat (1) jo pasal 27 ayat (1) UU nomor 45 tahun 29 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan. Keduanya juga diancam hukuman enam tahun penjara, dan denda Rp2 miliar.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password