Kapolda Papua Hadiri Upacara Penerimaan Dan Pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG

Tribratanews.polri.go.id – Papua. Bertempat di Auditorium IPDN Kampus Papua Buper Waena, Kapolda Papua menghadiri upacara penerimaan dan pelepasan satgas pamtas RI PNG di wilayah Kolakopsrem 172/Praja Wira Yakthi, Senin (12/8/19).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, S.IP, Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Rudolf A. Rodja, Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han), Direktur IPDN Kampus Papua David E. Mayor, S.Sos., Kasdam XVII/Cendrawasih, Brigjen TNI Irham Waroihan, S.Sos, Kepala BNN Provinsi Papua, Brigjen Pol Jackson Lapalonga, dan tamu undangan.

Dalam amanatnya Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, S.IP mengatakan, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa atas berkat karinianya pada hari ini kita masih diberi kekuatan dan kesehatan sehingga kita dapat mengikuti upacara penerimaan dan pelepasan satgas pengamanan perbatasan RI PNG, selaku panglima Kodam XVII Cenderawasih Dan Pangkoops TNI PAPUA mengucapkan selamat datang kepada anggota satgas pamtas RI PNG Yonif Raider 300/BJW, Yonif713/St dan Yonif Raider 509/BY di bumi Cenderawasih.

Lanjut dikatakan, Wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang memiliki kerawanan yang harus selalu di antisipasi, seperti ilegaloging, ilegal minning, human trafficking, pelintas batas, kriminal bersenjata, penyelundupan narkoba, miras oleh karenanya saya berharap kepada para prajurit satgas agar memahami tugas pokok, protap yang berlaku, aplikasikan semua materi latihan pra tigas, selalu waspada, lakukan patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patom batas dan buat tanda dari pos ke pagok batas di sektor tanggung jawab masing masing serta ciptakan stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan.

“Selain itu kalian juga membantu kesulitan masyarakat diwilayah perbatasan, ingat kehadiran kalian harus memberi manfaat kepada bangsa dan negara serta taatilah hukum dan ham, kebaikan bagi masyarakat, bangsa agar terhindar dari segala bentuk pelanggaran,” ucap Pangdam XVII/Cendrawasih.

“Apabila menemukan permasalahan agar melaporkan kepada pimpinan masing masing sehingga secara cepat tepat dapat diatasi jangan melakukan tindakan sendiri karena dapat berakibat fatal,” lanjut Pandam

Pangdam XVII/Cendrawasih mengatakan Pada kesempatan ini saya melepas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 328/Dgh, Yonif 725wrg Dan Yonif 126/Kc Yang Purna Tugas Di Wilayah Kolakopsrem 172/Pwy berkaitan dengan hal tersebut saya ucapkan terima lasib atas desikasi dan pengabdian yang telah diberikan selama penugasan di wilayah Papua.

(js/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password