Terkait Penyerangan di Yahukimo, Polda Papua Evakuasi 283 Penambang

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Polda Papua evakuasi 283 penambang setelah penyerangan yang menewaskan 5 orang di Yahukimo, Papua. Sebagian penambang melarikan diri dari lokasi kejadian menggunakan speedboat.

“Ketika ada kekerasan itu keterangan beberapa saksi menyebar kepada rekan-rekannya, mereka upaya lari ke sungai Digoel. Ada beberapa yang gunakan speedboat polsek untuk selamatkan rekan rekan masyarakat yang ada di sekitar lokasi ketika melarikan diri,” jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal di Jayapura, Papua, Rabu (4/9/2019)

Kabid Humas menjelaskan saat ini 283 penambang itu dievakuasi ke Polres Boven Digoel. Selain itu, ada 3 orang yang dirawat di rumah sakit Boven Digoel.

“Korban yang saat ini di Boven Digoel ada dirawat 3 di RS, kemudian 283 saat ini di tempatkan di sebelah Polres atau gedung kosong,” jelas Kabid Humas lebih lanjut.

Ia juga menjelaskan para pelaku belum bisa diidentifikasi lantaran lokasi penambangan tradisional yang sangat jauh. Menurutnya, saat ini pihaknya sudah bergerak menelusuri koordinat telepon satelit yang digunakan saksi saat melaporkan kejadian di Yahukimo.

“Belum tahu ini, jadi rekan-rekan kami di Asmat dan Boven Digoel belum sampai TKP, itu sungai panjang, dan lokasi sangat jauh, Kapolres respons dengan liat koordinat yang ada di HP satelit itu, jadi dalam perjalanan ke sana,” jelasnya.

Ia juga menegaskan aksi penyerangan ini tidak berkaitan dengan aksi rusuh di Papua dan  berdasarkan keterangan saksi, pelaku bukan kelompok bersenjata.

“Pelaku sekelompok orang, mereka gunakan senjata tajam, mereka berkelompok, belum pasti ini adanya ekonomi, apakah saingan bisnis dan lainnya masih kita dalami, jangan sampai manfaatkan situasi, seakan akan terobsesi ini ada kaitannya, keterangan saksi tidak ada laras panjang dan senjata api,” tegas Mantan Wakapolres Metro Depok itu.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password