Kapolda: Papua Barat Aman, Tapi Dunia Maya Masih Banyak Hoax

Tribratanews.polri.go.id – Manokwari. Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., menyatakan situasi sudah cukup aman. Namun, di dunia maya masih banyak isu-isu negatif tentang Papua.

 

“Di permukaan memang sudah cukup aman tapi di dunia maya, masih banyak konten hoaks dan provokatif terkait Papua. Sehingga Kominfo belum bisa membuka blokir jaringan internet secara total,” terang Kapolda di Manolwari, Rabu (04/09/19).

 

Kapolda menjelaskan, setidaknya ada 500 ribu kanal atau URL menyebarkan informasi negatif tentang Papua. Pemblokiran internet dilakukan untuk membendung agar hal itu tidak berpengaruh terhadap situasi keamanan baik di Papua maupun Papua Barat.

 

“Secara umum kita aman, hari ini tidak ada gerakan massa demonstrasi. Kemarin ada demo, dan itu hanya di Manokwari berlangsung aman. Sedangkan daerah lain seluruhnya landai dan masyarakat beraktivitas seperti biasa,” jelas Kapolda.

 

Selain itu, Kapolda juga mnerangkan bahwa aparat pengamanan saat ini masih terus bersiaga mengantisipasi gangguan keamanan di Provinsi tersebut. Personil Brimob yang di-BKO-kan dari sejumlah Polda wilayah Indonesia Tengah dan Timur masih berada Papua Barat.

 

“Kehadiran mereka untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, sekaligus untuk mempercepat proses pemulihan,” tutup Kapolda.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password