Polri Selidiki Buzzer Pemicu Rusuh Papua, Diduga Berada di Luar Negeri

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Proses pemulihan keamanan di wilayah Papua dan Papua Barat dapat dipastikan langkah-langkah aparat keamanan bersama pemerintah daerah dan tokoh agama dapat berjalan dengan baik.

 

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan, situasi Kamtibmas di wilayah Papua telah dapat dikendalikan oleh aparat keamanan. Sementara itu Polri terus memantau para kreator dan buzzer di media sosial penyebab rusuh di Papua. Polri menemukan sejumlah oknum berada di luar negeri.

 

“Dari hasil jejak digital di media sosial maupun media lainnya sudah dilakukan analisa oleh tim siber yang bekerja sama dengan Kemenlu, Keminfo dan Badan Siber dan Sandi Negara bahwa konten yang disebarkan saudara W yang berada di luar negeri adalah konten provokatif dan hoax,” ujar Karo Penmas Divhumas Polri.

 

Karo Penmas Divhumas Polri juga mengatakan, siapa saja pelaku penyebar hoax di media sosial yang memicu rusuh di Papua, Polri belum bisa menindak para pelaku yang berada di luar negeri.

 

“Polri bekerja sesuai fakta hukum, dan kita belum bisa melakukan tindakan hukum terhadap oknum-oknum yang berada di luar negeri, karena locus, tempus, dan perbuatan melawan hukum di sana,” tegas Karo Penmas.

 

“Kehadiran (TNI-Polri) di sana bekerja sama juga dengan pemerintahan daerah tokoh masyarakat, tokoh agama pemuda memberikan edukasi ke masyarakat. Untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu berita yang sifatnya provokasi,” tutup Karo Penmas Divisi Humas Polri.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password