Sesuai Instruksi Kapolri, Polda Sulsel Jaga OAP di Sulsel dengan Peningkatan Patroli

Tribratanews.polri.go.id-Makassar. Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. memerintahkan seluruh Kapolda agar menjamin keselamatan dan keamanan mahasiswa asal Papua dan Papua Barat atau Orang Asli Papua (OAP). Dia berharap tidak ada lagi kejadian serupa seperti yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur, Senin (02/08/19).

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Drs. Hamidin mengaku sudah menjalankan instruksi Kapolri sejak kejadian di Surabaya. Peningkatan patroli pun dilakukan di asrama Papua.

“Asrama mahasiswa Papua kita jaga, kita kawal. Masyarakat Papua kita ajak dialog. Jadi enggak ada masalah, tetap laksanakan kebijakan Kapolri tersebut,” jelas Kapolda Sulsel, Senin (2/9/19).

Mantan Direktur Pencegahan BNPT itu menyebut, peningkatan patroli ini dilakukan di tempat-tempat dianggap rawan konflik.

“Patroli itu ada yang biasa maksudnya yang rutin digelar,” tutur mantan Irwasda Polda Sumbar tersebut.

“Lalu patroli skala menengah, artinya tempat-tempat yang dianggap rawan didatangi karena tidak hanya menjaga keamanan mahasiswa Papua tapi juga dari kejahatan lain. Jangan sampai fokus ke Papua lalu meningkat begal,” tambah mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat tersebut.

Selain itu, mantan Kapolres Kota Tangerang itu menjelaskan, peningkatan patroli itu juga, maksudnya peningkatan intensitas. Misalnya, jika sebelumnya patroli ke tempat-tempat tertentu hanya tiga kali, ditambah menjadi empat kali sehari. Monitoring anggota-anggota berpakaian preman juga dimaksimalkan.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password