Polri : Ada Keterkaitan Pihak Asing di Kerusuhan Papua

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Kepolisian Republik Indonesia menjelaskan ada keterlibatan pihak asing dalam upaya provokasi di kerusuhan Papua dan Papua Barat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. M Iqbal, S.I.K., M.H. mengatakan aparat kepolisian akan terus bekerja sama dengan lembaga terkait untuk menangani permasalahan itu.

“Ada (kaitannya dengan pihak asing) tapi ini kan penanganannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu, dengan lembaga dan kementerian,” jelas jenderal bintang dua di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Minggu (01/09/19).

Irjen Pol. M Iqbal, S.I.K., M.H., menjelaskan kepolisian dan kementerian, serta lembaga terkait kini sedang berupaya memetakan penyebab dan siapa saja yang terlibat dalam peristiwa kerusuhan tersebut.

“Sebenarnya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan ter-connect dengan beberapa pihak luar. Ini sedang kami petakan,” tegas mantan Wakapolda Jatim.

Kadiv Humas Polri menuturkan belum bisa membeberkan siapa dan dari negara mana pihak asing yang terlibat itu. Ia juga meminta agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Kalau misalnya terbukti, tentunya akan ditegakkan secara hukum,” tutup Irjen Pol. M Iqbal, S.I.K., M.H.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password