Polda Sulsel Berangkatkan Sebanyak 200 Personel Brimob ke Papua

Tribratanews.polri.go.id – Makassar. Kepolisisan Daerah Sulawesi Selatan kembali memberangkatkan sebanyak 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk melaksanakan Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Papua, Sabtu (31/08/19).

Adapun personel yang dikirim berasal dari 3 Batalyon Satrimob Polda Sulsel diantaranya Batalyon A Pelopor yang bermarkas di Kota Makassar, Batalyon B Pelopor Parepare, dan Batalyon C Pelopor Watampone.

Upacara pelepasan 2 SSK personel Brimob tersebut di pimpin langsung oleh Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Adnas yang dilaksanakan di area parkir Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Kabupaten Maros.

Turut hadir dalam upacara pelepasan 2 SSK Brimob Polda Sulsel tersebut Kabid Propam Polda Sulsel Kombes Pol Hotman Sirait, Kapolres Maros AKBP Yohanes Richard, dan para Pejabat Utama, serta sejumlah kerabat Brimob Polda Sulsel.

Dalam sambutannya, Wakapolda Sulsel mengatakan bahwa keberangkatan 2 SSK Brimob Polda Sulsel ke Papua, untuk membantu pemeliharaan keamanan, di provinsi paling timur Indonesia tersebut. Karena kita ketahui beberapa hari terakhir ini, sejumlah wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat dilaporkan terjadi aksi rusuh. Untuk itu saya mengimbau kepada Brimob yang diberangkatkan ke Papua, tetap menjaga kesehatan dan keselamatan, selama di medan tugas. Terus lakukan koordinasi dengan aparat keamanan lainnya, utamanya Polda Papua dan Papua Barat.

Sementara itu, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan, juga mengatakan pihaknya telah mengirim 6 SSK Brimob ke Papua dan Papua Barat. Sebelumnya 2 SSK Brimob telah dikirim ke Puncak Jaya, untuk mengatasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pada Juni lalu. Sedangkan 2 SSK Brimob lainnya, dikirim untuk BKO Polda Papua Barat.

“Personel Brimob yang dikirim ke Papua ini merupakan personel pilihan, yang dimiliki Satbrimob Polda Sulsel. Mereka memiliki spesifikasi anti huru hara, kesehatan lapangan, jinak bom, intelijen, dan keahlian khusus lainnya. Semoga situasi di Papua dan Papua Barat tetap kondusif, dan personel yang ditugaskan juga diberi keselamatan,” tutup Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password