Situasi Papua Berangsur Kondusif, Masyarakat Sudah mulai Beraktivitas seperti Biasa

Tribaratanews.polri.go.id-Jayapura. Pasca kerusuhan, kini kondisi Kota Jayapura berangsur membaik. Bahkan tampak masyarakat sudah mulai beraktivitas. Toko-toko sudah mulai berjualan, bahkan sudah banyak masyarakat yang melintasi jalan raya, Sabtu (31/08/19).

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Rudolf Albert Rodja meminta warga Jayapura untuk tetap tenang dan kembali beraktivitas seperti biasa lagi, pascakerusuhan yang terjadi pada Kamis (29/8/19).

“Saya minta silahkan masyarakat untuk kembali beraktivitas. Percayakan masalah keamanan kepada TNI dan Polri,” ungkap Kapolda Papua, Sabtu (31/8/19).

Kapolda Papua juga berpesan agar pelaku usaha kembali berjualan, demi mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Ya. Kita harapkan ada toko-toko yang buka, sehingga kebutuhan pokok masyarakat bisa teratasi. Tapi, kalau ada yang takut kita tak bisa paksakan,” ungkap mantan Kapolda Papua Barat tersebut.

Mantan Kapolda Papua Barat itu berpesan agar masyarakat mampu menahan diri dan tidak mudah terprovokasi.

“Masyarakat juga harus waspada pada wilayahnya masing masing, kampungnya masing masing, kami dari TNI-Polri mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat,” jelas mantan Wakapolda Papua itu.

Mantan Wakapolda Sulteng itu juga mengatakan mengenai keterbatasan anggota kepolisian pada saat kejadian di beberapa lokasi yang dirusak dan dibakar massa pendemo.

“Demonstran itu ada ribuan, kemudian anggota kita terbatas, kalau kami menahan mereka melakukan pembubaran, mereka akan liar kemana-mana dan makin besar lagi kerusakan. Dan yang ada mungkin korban jiwa jatuh. Padahal korban jiwa itu kita tidak inginkan. Jadi itu taktik tersendiri yang kami terapkan,” tegas mantan Jenderal Bintang Dua tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password