Cegah Penyebaran Konten Provokasi, Polri Lakukan Patroli Siber

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Kepolisian Negara Republik akan melakukan patroli siber terkait aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Jayapura, Papua, Kamis (29/8) kemarin.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M menyampaikan perlunya patroli siber untuk meminimalisir konten yang dapat membuat kericuhan dan provokasi massa di Papua.

“Direktorat Siber Bareskrim dengan Kemenkominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara terus juga akan melakukan kegiatan patroli siber, untuk juga memitigasi konten yang memprovokasi massa,” jelas Jenderal Bintang Satu di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).

Selama 14-27 Agustus 2019, tim patroli siber gabungan mencatat ada 1.750 akun yang membagikan sebanyak 32.000 konten provokatif terkait Papua. Kominfo sendiri sudah mengajukan pemblokiran pada akun-akun tersebut.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu pun menegaskan pihaknya akan terus mendalami ribuan akun yang sebelumnya telah terdeteksi dan memastikan akan memproses para pemilik akun yang terbukti melanggar hukum.

“Literasi digital sudah kita sampaikan ke pemilik akun dan di Indonesia bila betul-betul terbukti bisa diterapkan, Undang-undang ITE maupun UU 1 Tahun 1946. Kita akan melakukan penegakan hukum kepada siapa saja yang melakukan perbuatan melawan hukum,” tutup Jenderal Bintang Satu.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password