Polda Jatim  Siap Periksa 21 Saksi Kasus Rasisme di Surabaya

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Tim Penyidik Polda Jatim memeriksa 21 saksi kasus rasisme yang terjadi di kota Surabaya, terhadap mahasiswa Papua dan terduga pelaku rasisme akan ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian.

“Satu sampai dua hari ini Kapolda akan mengumumkan siapa tersangka ujaran kebencian yang ditunggu-tunggu sebagai instruksi Presiden dan tindak lanjut yang dilaksanakan Polda Jatim,” jelas Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/8/19).

Kabidhumas juga mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap 21 saksi tersebut untuk menentukan tersangka yang melakukan rasisme sesuai video yang beredar di media sosial.  “Dari 21 saksi itu tentu yang ditunggu adalah siapa tersangka yang sesuai dengan video, kita akan umumkan dan tentunya Kapolda akan mengumumkan,” jelasnya.

Sekarang, kuat dugaan terdapat tiga yang akan ditetapkan tersangka dalam kasus ujaran kebencian berupa rasisme terhadap mahasiswa Papua. “Kapolda Jatim akan menyampaikan langsung siapa-siapa tersangka itu,” tegas Kabidhumas.

Dalam menyelidiki kasus rasisme tersebut, Kombes Pol Barung menyampaikan bahwa, investigasi yang dilakukan bersifat terbuka dan transparan. Karena, siapapun bisa ikut mengawasi perkembangan penyidikannya. “Polda Jatim terbuka terhadap investigasi dan open akan kita lakukan, terutama transparansi yang akan dilakukan Polda Jawa Timur. Siapa saja, termasuk tim Presiden sudah datang, dan Komnas HAM,” jelasnya.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password