TEKAN JUMLAH LAKA LANTAS : Pentingnya Tindakan Represif Kepada Pelanggar Lalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kampanye besar-besaran jajaran Satlantas Polres Trenggalek tentang Keselamatan Berlalu Lintas Sebagai Kebutuhan tak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan upaya represif atau penindakan bagi pelanggar lalu lintas.

“Menegakkan aturan lalu lintas harus ada kesinambungan antara pola preemtif, preventif dan represif, sehingga hasil yang dicapai bisa lebih optimal”, ujar Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Heru Sudjio, SH.

Heru menjelaskan, penindakan tidak dilakukan serampangan. Ada beberapa kategori, seperti peringatan dan teguran tertulis. Apabila tetap melanggar tindakan berupa tilang diberikan. Apabila masih melanggar juga, bisa diusulkan mencabut SIM yang dimiliki.

Proses itulah yang kemudian diterapkan oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek saat menggelar razia pagi tadi, Kamis (26/01). Bertempat di jalan raya masuk Desa Rejowinangun, puluhan polisi lalu lintas berdiri di tengah jalan menghentikan dan memeriksa kelengkapan pengendara. Sebanyak 47 pengendara terpaksa harus menerima tilang dari petugas.

Ditemui di lokasi terpisah, Heru menerangkan pelanggaran banyak didominasi oleh SIM dan surat kendaraan.

“Ada yang beralasan ketinggalan di rumah, dibawa orang tua dan lain-lain. Tetap kami tindak”, tegas Heru.

Selain itu jumlah pelanggar terbanyak berasal dari kalangan pelajar sekolah yang secara usia memang belum layak mengendarai sepeda motor.

“Kepada orang tua, mohon jangan biarkan anak-anak mengendarai sepeda motor. Lebih bijak kalau orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah”, pesan Heru.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password