Polri Sebut Ada Tiga Perusahaan Yang Jalani Penyidikan Terkait Kasus Karhutla

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri menyebut ada tiga perusahaan yang saat ini menjalani proses penyidikan terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Selain PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) di Riau, dua perusahaan yang diproses berada di Kalbar dan Kalteng.

“Jadi sampai sekarang ada tiga perusahaan yang disidik karena masalah kebakaran hutan dan lahan. Seperti yang diketahui di Riau itu satu perusahaan, PT SSS. Lalu dari Kalbar melaporkan ada satu perusahaan yaitu PT SAP baik sidik, dan di Kalteng juga ada satu kooporasi naik ke tahap penyidikan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo ,Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Karo Penmas menjelaskan, Untuk PT SAP luas lahan yang terbakar sekitar satu hektare di Dusun Belungai Dalam, Desa Belungai Dalam, Toba, Kabupaten Sanggau. Sementara Dedi belum menerangkan secara rinci terkait perusahaan di Kalteng.

“16 yang diselidiki, satu yang naik sidik untuk Kalteng,” pungkas Mantan Wakapolda Kalteng.

Kembali ke PT SSS, Dedi menjelaskan penyidik telah mengecek lokasi kebakaran bersama jaksa dan saksi ahli pada 21 Agustus 2019. Kemudian keesokan harinya (22/8), polisi memeriksa 11 orang saksi, karyawan dan petugas lapangan PT SSS.

“Perkembangannya Sabtu (24/8) kemarin telah dilakukan koordinasi dengan ahli kebakaran dan lingkungan dari IPB untuk dimintai keterangan besok lusa (29/8),” jelas Brigjen Pol. Dedi Prasetyo.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan penyebab kebakaran hutan dan lahan 90 persen karena faktor manusia. Salah satunya kegiatan pembukaan lahan atau land clearing.

Py/sw/hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password