Pejabat Polda Kep. Babel Berikan Pembekalan Kepada Bhabinkamtibmas dan Awak Poskamling Di Polres Pangkalpinang

Tribratanews.polri.go.id – Bidhumas Polda Kep. Bangka Belitung.

Pejabat Polda Kepulauan Bangka Belitung yaitu Dirbinmas Kombes Pol Badya Wijaya SH MH, Dirreskrimum Kombes Pol Toni Harsono SIK, MSI, dan Dirintelkam Kombes Pol Nanang Juni Mawanto SIK dengan didampingi Kapolres Pangkalpinang Akbp Heru Budi Prasetyo SIK telah memberikan pembekalan kepada Bhabinkamtibmas dan Awak Pos Kamling Kota Pangkalpinang di Aula Anton Soejarwo Polres Pangkalpinang, Kamis (26/1/2017) mulai pukul 09.00 wib sd 12.00 Wib.

Kapolres Pangkalpinang Akbp Heru Budi Prasetyo SIK dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat datang dan terima kasih kepada Dirbinmas, Dirreskrimum dan Dirintelkam Polda Kep. Bangka Belitung yang telah bersedia menyempatkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada para Bhabinkamtibmas dan Awak Pos Kamling yang ada di seluruh jajaran Polres Pangkalpinang dengan harapan dapat memberikan motivasi kepada seluruh Bhabinkamtibmas dan Awak Pos Kamling dalam pelaksanaan tugas kedapan.

Dirbinmas Kombes Pol Badya Wijaya selaku Pembina fungsi Satuan Binmas yang membawahi para bhabinkamtibmas memberikan arahan terkait tugas Polmas dan Poskamling. Para bhabinkamtibmas harus selalu hadir di tengah tengah awak Pos Kamling yang ada di Desa tempat bhabon bertugas. sedangkan Dirreskrimum memberikan arahan tentang peran Bhabinkamtibmas dan Awak Pos Kamling dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya Curat (Pencurian dengan Pemberatan), Curas (Pencurian dengan kekerasan) dan Curanmor (Pencurian Kendaraan Bermotor). Dan Dirintelkam memberikan arahan terkait deteksi Dini untuk mencegah adanya terorisme, radikalisme, intoleransi dan antisipasi gangguan kamtibmas menjelang, saat dan pasca Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dirintelkam meminta kepada seluruh bhabinkamtibmas juga menjalankan fungsi intelijen dalam rangka deteksi dini, setiap warga yang baru datang harus diketahui darimana berasal, kerja dan kegiatannya setiap hari apa saja. Warga Pendatang baru harus selalu dipantau kegiatannya. Setiap tamu 1 x 24 jam harus lapor kepada Ketua RT setempat dan Ketua RT harus meneruskan kepada bhabinkamtibmas, Galang semua elemen masyarakat untuk mencegah penyebaran faham terorisme, radikalisme, intoleransi. Setiap permasalahan sekecil apapun harus
segera dicegah dan dicarikan solusi pemecahannya secara bersama. Dan para Awak Poskamling juga harus peka terhadap masyarakat yang tidak dikenal lewat pada malam hari.Hal ini bisa mencegah gangguan kamtibmas di Lingkungannya. Setiap awak Poskamling harua memliki Nomor HP Kapolsek setempat, Bhabinkamtibmas, babinsa dan Kadesnya, sehingga apabila di malam hari ada hal hal yang sangat penting, bisa langsung menghubungi para perangkat tersebut, ujar Dirintelkam.

Di akhir acara, Dirbinmas Kombes Pol Badya Wijaya SH MH kepada Media Tribratanewsbabel mengatakan bahwa kegiatan Tatap Muka dengan Para Bhabinkamtibmas dan awak poskamling ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada para bhabinkamtibmas untuk selalu peduli kepada Awak Poskamling yang membantu Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di Lingkungan supaya tetap kondusif.IMG-20170126-WA0095-200x200

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password