Dari 20 Nama Peserta Lolos Seleksi Profile Assessment, Anggota Polri yang Terbanyak Lolos

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Dari 20 nama peserta yang lolos seleksi profile assessment CAlon Pimpinan KPK, paling banyak berasal dari anggota Polri. Ada empat anggota Polri yang lolos ke tahap selanjutnya. Mereka adalah Wakabareskrim Polri, Irjen Pol. Drs. Antam Novambar, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri, Brigjen Pol. Drs. Bambang Sri Herwanto, S.H., M.H., Kapolda Sumatra Selatan, Irjen Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si., dan Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen Pol. Dra. Sri Handayani, M.H.

 

Dari internal KPK hanya ada dua yang lolos, yaitu Komisioner KPK Alexander Marwata dan Direktur Jaringan dan Kerja Sama Antar Komisi dan Instansi KPK Sujanarko. Peserta lain yang lolos dari unsur jaksa, dosen, dan pegawai kementerian dengan jumlah masing-masing tiga orang.

 

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih mengatakan, daftar nama peserta yang lolos profile assessment juga diisi oleh auditor dan pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (dua orang), satu orang hakim, satu orang pensiunan jaksa, dan satu advokat.

 

Yenti menyampaikan, ke-20 orang yang terpilih saat ini disaring dari profile assessment yang juga memperhatikan rekam jejak dan masukan dari masyarakat. Seluruh peserta yang lolos akan mengikuti wawancara dan uji publik pada 27-29 Agustus 2019 sebelum disaring menjadi 10 nama untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

 

Dengan semakin mengerucutnya nama calon Pimpinan KPK, Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia (TII) Dadang Trisasongko meminta agar Presiden Jokowi memantau secara ketat kerja Pansel Capim KPK. “Sebab, apa pun produk Pansel Capim KPK adalah produk Presiden Jokowi,” jelas Dadang. Menurut Dadang, pimpinan KPK harus memiliki rekam jejak integritas yang tinggi.

 

(fa/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password