KKB Ancam Warga Wamena dan Kontak Senjata dengan TNI-Polri, Satu KKB Tewas

Tribaratanews.polri.go.id-Jakarta. Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) Papua kembali berulah. Kali ini mereka masuk ke Kota Wamena dan melakukan pengancaman terhadap masyarakat di sana. Akibatnya, kontak senjata dengan aparat kepolisian tak terhindarkan, Jumat (23/08/19).

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. mengatakan, peristiwa ini terjadi siang tadi. Baku tembak pecah saat polisi hendak menangkap anggota KKSB. Namun, mereka melakukan perlawan.

“KKB masuk kota ancam warga ketika mau ditangkap menembak anggota, dua terluka, anggota dan masyarakat. Dan ketika mau ditangkap tetap melawan,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Jumat (23/8).

Setelah baku tembak berlangsung beberapa saat, KKSB ini berhasil dilumpuhkan. Dari tangan mereka, turut disita senjata api yang digunakan mereka beraksi.

“KKB juga berhasil dilumpuhkan dan BB satu pucuk senpi laras pendek berhasil disita,” imbuh Brigjen Pol. Dedi Prasetyo.

Sebelumnya diinformasikan, aparat keamanan terlibat baku tembak dengan KKB di Wamena Papua. Kontak senjata terjadi di Terminal Pasar Baru, Kota Wamena sekitar pukul 10.00 WIT.

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda mengatakan KKB yang terlibat baku tembak berjumlah lima orang. Dua diantaranya membawa senjata laras panjang dan menyerang sehingga terjadi kontak senjata.

Anggota KKB dengan pimpinan Egianus Kogoya ini, sempat diminta untuk menyerah dan melemparkan senpi, namun permintaan aparat tidak diindahkan.

“Bahkan ditembaki hingga nyaris mengenai diri saya,” ungkap AKBP Tonny Ananda.

Anggota KKB yang tewas dalam kontak tembak tersebut masih dalam tahap identifikasi.

AKBP Tonny Ananda mengatakan pihaknya belum mengetahui anggota KKB yang tewas tertembak. Sementara itu, seorang polisi dan seorang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terluka dalam kejadian tersebut. Mereka kini telah dibawa ke RSUD Wamena, Papua.

“Kontak tembak yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIT itu terjadi saat anggota melakukan patroli di sekitar pasar Jibama, Wamena,” jelas Kapolres Jaya Wijaya, Jumat (23/8).

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password