Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Mafia Tanah dan Apartemen Fiktif

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Jajaran personel Subdit 2 Harta dan Benda (Harda) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya berhasil membongkar dua kasus mafia tanah. Modus kejahatan yang dilakukan para tersangka itu adalah menduplikat surat tanah kemudian menggadaikannya untuk meraup keuntungan miliaran rupiah.

Dalam pengungkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan sejumlah tersangka dalam kasus pertama diamankan tersangka berinisial RK, K, A, SD, HM, sedangkan dalam kasus kedua tersangka yang diamankan berinisial SD, S, MGR, HM dan K.

Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., mengatakan para tersangka ini memiliki peran yang berbeda.

Dalam kasus pertama, RK berperan sebagai calon pembeli, sedangkan K berperan sebagai calo pembuat SHM palsu.

Tersangka A mengaku staf notaris dan berperan menukarkan SHM asli dengan dengan SHM palsu saat pengecekan SHM. Lalu SD berperan sebagai pemodal, HM berperan pembuat SHM palsu.

Pelaku melancarkan aksinya dengan melakukan penawaran terhadap rumah yang hendak dijual oleh pemiliknya, kemudian membujuk pemilik untuk melakukan pengecekan ke BPN.

“Kemudian pelaku menukarkan SHM asli milik korban dengan SHM palsu yang sudah dipersiapkan oleh kelompok pelaku. Selanjutnya SHM dibalik nama atas tersangka dan diagunkan,” terang kapolda Metro Jaya.

Jenderal bintang dua tersebut menjelaskan, kasus pertama terjadi pada 9 Agustus 2019, saat itu korban hendak menjual sebidang tanah luas 694 m2 di Kompleks Perumahan Liga Mas, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, kemudian tersangka menghubungi korban dan mengaku berminat membeli dengan harga yang disepakati Rp24 miliar.

Atas perbuatannya, para tersangka diganjar sanksi pasal 263 KUHP dan atau pasal 266 KUHP jo pasal 55 dan pasal 56 KUHP.

“Pasal 263 KUHP, dengan pidana penjara paling lama enam tahun; Pasal 266 KUHP, dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun,” jelas Kapolda Metro Jaya.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password