Polri : Pembatasan Layanan Data Internet di Papua untuk Mencegah Beredarnya Hoaks

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Guna mencegah beredarnya hoaks di media sosial, Kemenkominfo blokir sementara layanan data telekomunikasi di Papua hingga situasi di sana kondusif.

 

“Itu merupakan strategi dari Kominfo, bagaimana juga turut bersama dengan stake holder lain menjaga keamanan,” jelas Kabag Penum Divhumas Polri, Kombes Pol. Adi Saputra, S.H., S.I.K., M.H., M.Si., Kamis (22/8).

 

Pembatasan layanan data bisa memberi jaminan keamanan kepada masyarakat, khususnya agar tidak ada lagi orang-orang yang memiliki niat tidak baik, seperti menyebarkan hoaks.

 

“Saya kira konteksnya untuk jaga keamanan. Karena ada beberapa faktor keamanan, berdasarkan faktor situasi dan saat sekarang. Intinya, semua melakukan semua ini secara paralel tetapi bersinergi, saling membangun, saling membantu, yang tujuannya betul-betul menciptakan situasi yang aman dan kondusif di sana,” jelas Kabag Penum Divhumas Polri.

 

Setelah memperlambat akses komunikasi pada Senin lalu dan dinormalkan lagi, Kemkominfo kembali menempuh langkah yang sama pada Rabu (21/8) kemarin. Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu mengonfirmasi, institusinya tidak saja memperlambat akses, tapi juga memblokir sementara layanan data sejak Rabu hingga situasi kembali kondusif.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password