Kapolda Jatim Dampingi Kunjungan Kerja Tim Pemantau DPR RI di Surabaya

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si., mendampingi kunjungan kerja Tim Pemantau DPR RI ke Surabaya, Provinsi Jatim.

 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., dan Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan turut hadir bersama Kapolda Jatim. Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk membahas permasalahan kamtibmas yang ada di wilayah hukum Polda Jatim dan juga masalah mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jatim menjelaskan kronologi kejadian yang terjadi di asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya. Kronologi tersebut disampaikan agar video viral hoaks tentang kejadian tersebut yang saat ini masih bergulir di Papua, bisa terkonfirmasi dan warga Papua tidak termakan informasi yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.  Kapolda juga menyampaikan,ada mobilisasi massa pada 15-16 Agustus 2019. Kemudian mobilisasi itu berlanjut pada 17 Agustus 2019.

 

“Jadi memang tanggal 16 itu, kami dari TNI dan Polri memang menjaga masyarakat, ormas dan yang lain untuk tidak masuk ke tempat asrama. Nah ini yang beredar bahwa di asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya itu dikepung selama 24 jam lebih. Jadi, semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa tersampaikan dengan baik kepada warga Papua,” terang Kapolda Jatim.

Sekitar pukul 01.00 WIB, anggota polisi melihat ada seseorang yang hendak mengirim makanan ke dalam asrama mahasiswa Papua. Polisi langsung memeriksa makanan tersebut dan memastikan, di dalam makanan tersebut tidak ada benda atau hal-hal lainnya, supaya tidak menimbulkan bahaya yang tidak diinginkan.

 

“Setelah kami periksa makanan tersebut, ternyata memang permintaan dan tidak ada masalah, maka kita persilahkan masuk. Ini langkah kami yang kita lakukan terkait berita yang simpang siur,” pungkas Kapolda Jawa Timur.

 

Untuk diketahui, Wakil Ketua DPR dan tim setelah sampai langsung menuju ke Gedung Negara Grahadi, Surabaya, untuk menemui Gurbernur dan membicarakan langkah apa yang sebaiknya harus dilakukan.

 

“Dari sini kita akan ketemu dengan Pemerintah Provinsi dan Kota Malang. Kita ingin mendengar apa yang sudah dilakukan sejauh mana komunikasinya dan agar masalah ini cepat ditangani”, tutup Wakil Ketua DPR RI.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password