Kapolda Pastikan Keamanan Warga Papua di Jawa Tengah

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, menjamin keamanan warga Papua dari tindakan rasisme di Jateng dan meminta mahasiswa Papua yang sedang menempuh studi di Jawa Tengah tidak ikut-ikutan turun ke jalan.

“Polda Jawa Tengah dan Kodam IV Diponegoro menjamin keamanan saudara-saudara kami dari Papua. Saya imbau tidak perlu terprovokasi turun ke jalan. Kita semua bersaudara. Segala masalah akan kita selesaikan dengan baik,” jelas Kapolda di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (20/8/19).

Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengaku sudah berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terkait masalah yang dialami warga Papua di perantauann dan juga menegaskan masyarakat Jateng sangat terbuka terhadap warga Papua.

“Kami menjamin warga Jateng sangat toleran. kami tidak pernah (mempersoalkan) kamu dari Aceh, Kalimantan, dan lain-lain. Kita di Jateng hanya satu bangsa, Bangsa Indonesia. Kami menjabat erat menjaga kemanan dan merajut persatuan,” jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Kapolda menegaskan warga Jawa Tengah sudah teruji dalam merawat keberagaman dan menyatakan Jawa Tengah merupakan bentengnya Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. “Buktinya selama Pemilu 2019, meski telah terjadi polarisasi tapi persatuan dan kesatuan di Jateng bisa terjaga dengan baik. Budaya Jateng sangat guyub, saling membantu, dan gotong royong,” jelasnya.

Jenderal Bintang Dua ini juga menyampaikan bahwa di Jateng tidak ada sikap membeda-bedakan suku bangsa. “Di Jateng hanya ada satu suku bangsa, Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Kapolda juga meminta segenap elemen kelompok masyarakat di Jateng tidak ikut-ikutan memberi pernyataan tentang masalah Papua. Sebab, hal itu bisa berpotensi kontraproduktif dalam merawat keberagaman di Jateng. “Saya himbau enggak usah ikut-ikutan memberikan pernyataan yang bisa ditafsirkqan menambah permasalahan,” tutupnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password