Polda Jamin Keamanan Seluruh Masyarakat Papua Yang Tinggal di Jatim

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si., menjamin keamanan warga Papua yang tinggal di Jawa Timur, untuk kepentingan pekerjaan maupun pendidikan. Jaminan yang diberikan Kapolda Jatim tersebut sepanjang tidak melanggar norma-norma hukum yang berlaku.

 

Jenderal bintang dua tersebut menjelaskan bahwa jaminan keamanan itu sudah selayaknya diberikan kepada pemangku kebijakan termasuk institusi keamanan sebagai suatu ekspresi keberagaman dalam sebuah bangsa, yakni bangsa Indonesia.

 

“Saya pastikan akan menjamin keamanan seluruh warga Papua yang tinggal di Jawa Timur. Bukan hanya Papua tapi seluruh suku dan di Indonesia yang tinggal di Jawa Timur sepanjang tidak melanggar aturan yang ada,” jelas Kapolda seusai pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat Papua dan Muspida Jawa Timur di rumah dinasnya, Senin (19/08/19) malam.

 

Dalam pertemuan tersebut, juga hadir Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak, pihak Kodam V Brawijaya, dan kelompok Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya.

 

Pertemuan non formal tersebut berlangsung hangat, bahkan Gubernur Khofiah sempat memimpin menyayikan lagu Tanah Papua bersama-sama.

 

Kapolda menjelaskan bahwa yang tinggal di Jatim bukan hanya suku Jawa dan Madura yang tinggal menetap, tapi juga banyak dari suku dan etnis lainnya.

 

“Selama ini mereka hidup rukun dan harmoni dalam satu bingkai NKRI,” jelas Kapolda.

 

Kehidupan yang harmoni itu sendiri, menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dapat terbangun saat seluruh warga saling membangun pengertian, lalu saling percaya dan akhirnya saling menghormati satu dengan yang lainnya.

 

“Makanya harus saling bertatap muka dan intens berkomunikasi,” jelasnya.

 

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password