Kapolda dan Gubernur Jamin Keamanan Warga Papua di Jabar

Tribratanews.polri.go.id – Bandung. Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi menjamin keamanan warga Papua di wilayahnya. Sejauh ini, Wilayah Jawa Barat kondusif meski ada aksi di Manokwari, Papua yang dipicu insiden sebelumnya di Jawa Timur. “Kita kan semua guyub, siapapun kita lindungi di sini, Jabar ini tempatnya sekolah, kita lindungi semuanya,” jelasnya di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (19/8/19).

Irjen Pol Rudy Sufahriadi juga meminta kepada seluruh pihak untuk saling bertoleransi satu sama lain tanpa adanya diskriminasi. “Itu adalah saudara kita (warga Papua) mari kita akur, mudah-mudahan kondusif semua,” terang Kapolda.

Jenderal Bintang Dua tersebut mengaku hingga kini belum menerima perintah untuk menerjunkan personel aparat kepolisian ke tanah Papua untuk membantu menjaga keamanan di daerah itu. Namun, jika diperlukan pihaknya siap membantu untuk mendinginkan suasana warga Papua yang tengah menggelar aksi protes atas adanya dugaan diskriminasi rasial di Jawa Timur. “Belum ada permintaan sampai sekarang, cukup sama personel di Manokwari juga,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil mengajak seluruh warga Papua yang tinggal di Provinsi Jabar untuk senantiasa menjaga kekompokan dan kesatuan di tengah keberagamaan yang ada. “Saya ingin tegaskan di sini bahwa Jawa Barat bagian dari Indonesia, termasuk Papua. Kita harus saling menjaga kekompakan dan kesatuan. Dan hal yang lain-lain bisa dibicarakan dan didiskusikan,” jelas Gubernur.

Ridwan Kamil mengatakan, dinamika yang melibatkan warga Papua di berbagai daerah tak akan terjadi di Jabar dan optimistis warganya, termasuk warga Papua di Jawa barat bisa menyikapi sebuah persoalan ini dengan dewasa dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. “Kalau warga Jabar mah, sejauh ini, alhamdulillah selalu mengedepankan dialog. Segala sesuatunya bisa didiskusikan,” kata dia.

Emil juga menyatakan pihaknya sangat terbuka dan melindungi keberadaan warga Papua di Jabar dan ini menunjukkan sikap sebagai tuan rumah yang baik. “Waktu dulu, pas saya jadi Wali Kota Bandung, saya mengajak warga Papua piknik satu bus ke Pangandaran, menginap main bola. Itu menandakan kita ingin maju sama-sama,” tutupnya

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password