Polda Jambi Gelar Konferensi Pers Atas Keberhasilannya Ungkap Penyelundupan Sabu seberat 2,2 kg dan 1.981 Butir Ekstasi

Tribratanews.polri.go.id – Jambi. Kepolisian Daerah Jambi menggelar Konferensi Pers atas keberhasilannya Direktorat Reserse Narkoba Polda Jambi dalam menggagalkan aksi penyelundupan narkotika yang diduga akan dikirim ke Palembang, Sumatera Selatan.

Tersangka SYL Sihombing (46) warga Jalan Pahlawan GG Sakti, Kelurahan Pahlawan, Kota Medan Sumut tersebut berhasil ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Jambi serta mengamankan barang bukti Narkoba jenis sabu seberat 2,2 kg dan 1.981 butir ekstasi.

Dalam penjelasannya, Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS mengatakan bahwa diduga narkoba jenis sabu–sabu itu akan dibawa ke Palembang, Sumatera Selatan dari Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabug Barat, Jambi yang waktu pengirimannya untuk mengelabui petugas dikirim pada 17 Agustus 2019 dan aksi itu berhasil dicium petugas yang kemudian ditangkap oleh tim di Pos PJR Perbatasan Jambi – Palembang sekitar pukul 15.30 WIB.

“Dalam pengakuannya, tersangka tersebut membawa sabu dan ekstasi jenis baru dan Ia diupah oleh bandar senilai Rp60 juta, namun baru dibayar Rp10 juta. Jadi pelaku ini sengaja terbang dari Medan, Batam kemudian Jambi dan kemudian ke Tungkal untuk mengambil barang yang selanjutnya dibawa ke Palembang dengan menggunakan Travel ABC jurusan Tungkal – Palembang. Sabu dan ekstasi tersebut sengaja disimpan dalam bagasi bagian belakang kendaraan. Sabu dikemas dalam kemasan teh, sementara ekstasi dalam bungkus roti dan disimpan dalam tas tersangka,” tambah Kapolda Jambi.

“Untuk diketahui Sabu tersebut ternyata berasal dari Malaysia yang masuk lewat Batam, Riau ke Tungkal. Sabu tersebut berasal dari jaringan AL yang sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Jambi. AL sendiri merupakan warga Malaysia saat ini sudah dideteksi,” tegas Kapolda Jambi.

Akibat perbuatannya, kini pelaku dijerat dengan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 juncto pasal 132 UURI no. 35 tahun 2009 tentang narkotika yang ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password