Ahli Hukum: Capim KPK Dari Polri Layak dan Berpengalaman

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Empat Jenderal Bintang Dua Polri kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai layak diperhitungkan. Ahli Hukum Indonesia, Dr. Muhammad Kapitra Ampera SH., M.H., mengatakan untuk mencapai pangkat Jenderal memerlukan perjalanan panjang dan hal tersebut menjadi salah satu tolak ukur kelayakan anggota Polri memimpin lembaga anti rasuah.

“Saya pikir keempatnya layak ya untuk memimpin KPK. Mereka sudah Pati (perwira tinggi), pengalaman sangat matang, integritas tidak diragukan,” jelas Kapitra Ampera di Jakarta, Minggu, (18/8/19).

Kapitra menjelaskan dalam institusi Polri, para kandidat tersebut juga pernah menduduki sejumlah jabatan yang mempunyai tanggung jawab tinggi. Menurut Kapitra, jabatan yang pernah diemban masing-masing Jenderal di Kepolisian juga harusnya menjadi pertimbangan penting Panitia Seleksi Capim KPK.

“Itu yang terpenting. Mereka sudah selesai dengan (tanggung jawab) dirinya sendiri sehingga sangat cocok (memimpin KPK),” pungkas Kapitra.

Sejauh ini ada empat Perwira Tinggi (Pati) Polri Jenderal Bintang Dua yang lolos tahapan seleksi Pansel Capim KPK. Mereka yakni Wakabareskrim Polri, Irjen. Pol. Drs. Antam Novambar, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si., Karo Renmin Bareskrim Polri, Irjen. Pol. Drs. Dharma Pongrekun, S.H., M.M., M.H., dan Analis Kebijakan Utama Bidang Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Lemdiklat Polri, Irjen. Pol. Dr. Dra. Juansih, S.H., M.Hum.

Selain itu juga terdapat dua Pati Polri Bintang Satu yang juga lolos tahapan seleksi Pansel KPK, yaitu Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen. Pol. Dra. Sri Handayani, M.H., serta mantan Kapolda Sumatera Barat, Brigjen. Pol. Drs. Bambang Sri Herwanto, S.H., M.H.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password