Polri Sudah Kantongi Nama Terduga Pelaku Penembakan Brigadir Hedar, Tapi Masih Kendala Saat Buru KKB Papua

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Tiga Hari pasca tewasnya Brigadir Heidar (Anumerta) di tangan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, pihak Polri akhirnya berhasil mengantongi nama pelaku penembakan.

Sebelumnya, pihak Polri dan TNI telah berjanji kepada rakyat akan mengusut tuntas kasus pembunuhan Brigadir Heidar oleh KKB Papua ini. Walaupun Kepolisian telah mengantongi nama pelaku penembakan Brigadir Heidar, Polri akui alami kendala saat memburu KKB Papua.

Polri telah mengidentifikasi terduga pelaku pembunuhan Brigadir Heidar pada Kamis (15/8/2019). Terduga pelaku penembakan memiliki inisial JM dan merupakan salah satu anggota KKB dengan pimpinan G. Kelompok tersebut adalah kelompok yang menguasai daerah Kampung Usir, Kabupaten Puncak lokasi jasad Brigadir Heidar ditemukan.

Polri menduga JM menembak Brigadir Heidar hinga tewas menggunakan senjata laras panjang. Adapun Polri berhasil mengantongi nama terduga pelaku ini berdasarkan keterangan sejumlah saksi.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menjelaskan pihaknya masih mengejar terduga pelaku. Pengejaran terduga pelaku pun yang merupakan anggota KKB Papua rupanya tidak mudah.

Jenderal Bintang Satu itu juga mengakui pihaknya sempat mengalami kendala pengejaran pelaku karena kondisi geografis yang cukup menyulitkan. Tak hanya mengejar terduga pelaku, Polri juga telah bekerjasama dengan pasukan TNI, melakukan olah TKP kasus pembunuhan Brigadir Heidar pada Rabu (14/8/2019).

Saat tengah melakukan olah TKP, tiba-tiba saja tim gabungan mendapatkan gangguan dari kelompok pimpinan Egianus Kogoya tersebut. Tim Gabungan yang tengah melakukan olah TKP langsung diberondong tembakan timah panas di wilayah perbukitan.

Kejadian penembakan ini terjadi pada siang hari sekitar pukul 11.27 WIT. Para anggota tim gabungan yang mendapatkan tembakan langsung melindungi diri dan memberikan tembakan balasan.

Tak hanya melakukan tembakan balasan, mereka juga langsung melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal di Jayapura pada Rabu (14/8/2019).

“Pukul 11.27 WIT, pada saat olah TKP, tiba-tiba anggota mendapat tembakan dari arah seberang kali yang diduga dilakukan oleh KKB. Sehingga anggota langsung melakukan tembakan balasan serta melakukan pengejaran,” jelas Kabid Humas Polda Papua.

Namun ketika dikejar, para pelaku langsung lari kocar-kacir masuk ke dalam hutan dan tim gabungan tak bisa meneruskan pengejaran.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password