Kabareskrim Polri Minta Jajaran Siber Selidiki Insiden Blackout

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Kabareskrim Polri Komjen Pol. Idham Azis, M.Si., meminta jajarannya untuk mengusut kemungkinan adanya kejahatan siber dalam kasus blackout yang mengakibatkan matinya aliran listrik di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Pernyataan Jenderal bintang tiga tersebut ditujukan kepada Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dan jajarannya dalam acara launching website patrolisiber.id.

“Tantangan dan tugas kita ke depan itu lebih besar adanya di dunia cyber ini. Teroris sudah mengarah ke cyber, penipuan, narkoba bahkan mungkin blackout tanggal 4 kemarin,” jelas Komjen Pol. Idham Aziz, M.Si., saat memberikan sambutan, di Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/08/19).

Kabareskrim Polri mengatakan kasus blackout yang meresahkan warga Ibukota bisa saja terjadi dan memiliki hubungan dengan kejahatan Siber.

Atas adanya dugaan tersebut, mantan Kapolda Metro Jaya itu meminta Dirsiber Bareskrim Polri untuk menyelidiki hingga mengusut kemungkinan adanya kejahatan siber di balik blackout.

Alumnus Akabri tahun 1988 tersebut beralasan kejadian serupa dimana blackout terjadi karena kejahatan siber juga pernah terjadi di sejumlah negara besar lainnya. Seperti New York, London, hingga Caracas.

“Saya bilang sama Brigjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo dan jajaran, tolong dilidik apakah ini hanya blackout biasa di Jakarta atau ada hubungannya dengan kejahatan siber. Ingat saya bilang (di) Caracas terjadi, New York terjadi, London terjadi, sangat mungkin kita di Indonesia terjadi,” terang . Komjen Pol. Idham Azis, M.Si.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password