Kapolri: Tiap Warga Berhak Tangkap Tangan Pembakar Hutan

Tribratanews.polri.go.id – Pekanbaru. Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., mengatakan setiap warga berhak melakukan tangkap tangan terhadap siapa saja yang kedapatan tengah membakar hutan.

 

Selain itu, Kapolri juga menegaskan, para pelaku yang diamankan warga agar segera diserahkan kepada kepolisian setempat. Langkah itu dilakukan agar ada tindakan lebih tegas kepada perorangan maupun korporasi.

 

“Siapa saja berhak tangkap tangan, kemudian di serahkan kepada polisi. Termasuk juga saya minta kepada bapak panglima TNI kalau tertangkap tangan boleh dan terus diserahkan ke penyidik kepolisian setempat,” terang Kapolri saat meninjau lokasi kebakaran hutan di Riau, Senin (12/08/19).

 

Disamping itu, Kapusdatin BNPB Agus Wibowo, mengatakan bahwa Kapolri meninjau karhutla bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan bahwa karhutla di Riau sebanyak 99 persen karena tangan manusia. Solusinya adalah dengan melaksanakan operasi dan melibatkan pasukan gabungan dan bertugas melaksanakan pencegahan dan penertiban.

Selain itu, satgas juga berperan melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat dengan menyentuh hati agar tidak membakar hutan.

 

“Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan memberikan bibit-bibit pohon dan polyback dari bahan singkong untuk di tanam,” tambah Kepala BNPB Doni Monardo.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password