Karo Multimedia Jadi Narasumber Dalam Talk Show Media Lab Dengan Tema Tangkal Hoax

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Karo Multimedia Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. H. Drs. Budi Setiawan, M.M., menjadi Narasumber dalam rangka Talk Show Media Lab yang mengusung tema “Cek Fakta, Berhasilkan Menangkal Hoax dan Disinformasi” bertempat di Studio Mini Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta.

Karo Multimedia Humas Polri menjelaskan, hoax atau kabar bohong menjadi perhatian banyak pihak karena memiliki efek merusak yang luar biasa. Kita akan mudah menemukan contoh sebaran hoax yang berakibat fatal, jatuhnya korban jiwa, kerusakan property, konflik, pelanggaran hukum dan efek negatif lainnya.

 

Saat ini, Kepolisian beserta pihak-pihak terkait dan juga masyarakat tidak diam dalam mensikapi hoax. Aturan hukum, kampanye anti hoax, aplikasi uji hoax, layanan pengaduan hoax, edukasi melalui media massa akan bahaya hoax semua sudah dilakukan. Ketika ada berita bohong disebarkan, upaya menangkalnya dengan mengungkap fakta sebenarnya juga dilakukan.

 

Karo Multimedia Humas Polri juga menjelaskan, Polri sudah melaksanakan beberapa tindakan yang diklasifikasikan menjadi 2 bentuk, diantaranya , Upaya Pre-emtif, adalah upaya-upaya awal yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya tindak pidana. Sosialisai, penyuluhan, iklan layanan masyarakat dan upaya-upaya pencegahan lainnya dilakukan secara sistematis dan terstruktur. Dan Upaya Refresif, adalah upaya yang dilakukan pada saat telah terjadi tindak pidana/kejahatan dengan melakukan penegakan hukum (law enforcement) terhadap pelaku. Dilakukan Penyelidikan, Penyidikan terhadap pelaku untuk diproses melalui sistem Peradilan Pidana.

 

Sebagai penutup, Karo Multimedia Humas Polri mengingatkan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak dalam penanggulangan kasus hoax. Peran masyarakat juga sangat penting dalam hal tersebut. Diharapkan, bila menemui adanya berita bohong masyarakat segera membuat laporan atau pengaduan, masyarakat sebagai pengguna sarana Informasi untuk aktif melawan berita bohong, lebih berhati-hati membuat dan menyiarkan konten berita melalui akun media sosial atau perangkat elektronik, Kepolisian dapat bekerja sama dengan komunitas yang ada di masyarakat untuk melakukan literasi dan sosialisasi agar masyarakat mendapatkan konten yang sehat.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password