Kapolda Kalsel Perintahkan Personel Fokus Pantau Wilayah Sekitar Bandara

Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol. Drs. H. Yazid Fanani, M.Si., memerintahkan personel serta satgas gabungan penanggulangan karhutla untuk fokus memantau titik api yang muncul di wilayah sekitar bandara agar bebas dari kabut asap.

 

“Jangan sampai kabut asap yang ditimbulkan hingga mengganggu penerbangan. Ini yang kita cegah bersama. Apalagi atensi dari bapak Presiden Joko Widodo tidak boleh penerbangan terganggu,” tegas Kapolda, Senin (12/08/19).

 

Bandara Syamsudin Noor yang terletak di wilayah Kota Banjarbaru memang salah satu daerah rawan terbakarnya lahan di musim kemarau. Cukup banyaknya hamparan lahan rawan gambut kerap memunculkan titik api yang berpotensi mengganggu penerbangan.

 

“Pokoknya setiap muncul titik api langsung bergerak dipadamkan. Tingkatkan patroli gabungan menyisir lahan-lahan kosong yang rawan terbakar. Jangan sampai api membesar hingga sulit diatasi. Namun konsentrasi kita tentu tidak hanya kawasan sekitar bandara, daerah lain juga jangan sampai lalai,” jelas Kapolda.

 

Kapolda berharap, Operasi Kontijensi Karhutla Intan 2019 bersama satgas gabungan provinsi dan pusat bisa solid dengan terus menjalin koordinasi dan komunikasi, sehingga penanggulangan karhutla dapat berjalan maksimal.

 

Disamping itu, Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Pol. Isdiyono mengingatkan setiap institusi jangan sampai berjalan sendiri-sendiri. Hal ini disampaikan saat memimpin rapat koordinasi satgas gabungan penanggulangan karhutla di Monitoring Center Mapolda Kalsel.

 

“Mari kita semua bersatu padu dalam satu tim menanggulangi karhutla agar jangan sampai jadi musibah besar seperti tahun 2015 lalu. Operasi Kontijensi yang melibatkan lebih dari 1.000 personel gabungan ini terdiri dari TNI-Polri, BPBD, BNPB, Manggala Agni, Dinas Kesehatan, Dinas Damkar hingga relawan peduli api,” imbau Karo Ops.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password