Polri : Tersangka Karhutla Menjadi 60 Orang dan Satu Korporasi

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah menetapkan 60 orang dan satu korporasi sebagai tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tersangka itu berasal dari 69 kasus karhutla yang terjadi hingga 11 Agustus 2019 kemarin.

Penetapan tersangka itu berdasarkan pemantauan di enam wilayah, seperti Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan serta Jambi.

“Itu 61 (tersangka) proses sidik. Kemudian dari 61 tersebut, ada yang sudah sampai tahap dua, artinya kasusnya sudah dilimpahkan ke JPU (Jaksa Penuntut Umum),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (12/08/19).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. menjelaskan untuk Riau ada 29 kasus karhutla dengan 20 tersangka individu serta satu tersangka korporasi, yakni PT Sumber Sawit Sejahtera. Sedangkan luas area yang terbakar mencapai 204,9 hektar.

“Untuk Polda Riau ada 13 kasus dilimpahkan ke JPU, berkas artinya sudah selesai (diperiksa),” terang Jenderal Bintang Satu.
Kemudian di Kalimantan Barat, ada 14 kasus dengan 18 tersangka dan luas area yang terbakar mencapai 20,4 hektar. Dua kasus di antaranya, kata Dedi, sudah masuk tahap dua.

Di Kalimantan Tengah, Karo Penmas Polri menerangkan ada 22 kasus dengan 21 tersangka dan luas area yg terbakar 34,48 hektar. Hanya satu kasus yang sudah masuk tahap dua.

Jenderal Bintang Satu menambahkan, di Jambi ada 4 kasus dengan 2 tersangka, serta luas lahan yang terbakar mencapai 42 hektar. Hingga saat ini Polda Jambi belum merilis kasus yang sudah masuk tahap kedua.

Sementara itu, Mantan Jenderal Bintang Satu menerangkan ada dua daerah yang tak terkena karhutla, yakni Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan. Hingga saat ini, kedua Polda wilayah tersebut belum mendapatkan laporan terkait karhutla lagi.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password