Ledakan Tambang Rusak Rumah Warga, Polisi Selidiki Perusahaan Semen Sukabumi

Tribratanews.polri.go.id – Sukabumi. Satreskrim Polres Sukabumi menyelidiki kasus kepemilikan dokumen izin penggunaan bahan peledak milik PT Tambang Semen Sukabumi (TSS) di kawasan Karst, Gunung Guha, Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah.

Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi menyebut peledakan yang dilakukan perusahaan tersebut menimbulkan getaran hingga merusak rumah-rumah warga yang tinggal di sekitar area tambang. “Kami mendapat informasi ledakan yang dilakukan PT TSS berdampak kepada warga di sekitar lokasi tambang. Warga mengklaim ledakan mengakibatkan rumah-rumah retak dan sumber air kering,” jelasnya, Senin (12/8/19).

AKBP Nasriadi mengatakan sudah mengecek langsung lokasi tambang yang berada di area PT Semen Jawa, Siam Cement Grup (SCG) tersebut pada Sabtu (10/8/19) kemarin. Uji ledakan sendiri dilakukan hari ini. “Saya sudah cek kawasan tambang, hari ini kita akan lakukan uji ledakan. Seluruh bahan yang digunakan, lokasi dan kedalaman harus sama agar tim yang kita sertakan dalam pengecekan ini bisa merasakan langsung dampak dari ledakan tersebut,” jelas Kapolres.

Selain memeriksa dokumen izin ledak, Kepolisian juga akan memeriksa aktivitas CSR yang dilakukan PT TSS. “Kami akan periksa penggunaan handak atau bahan peledak, selain itu kami juga akan cek apakah ada kesepakatan yang dibuat sebelumnya antara warga dengan PT TSS berikut pemberian CSR selama beberapa tahun terakhir,” tegasnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password