Mabes Polri Bekerja Sama Dengan Dukcapil Kemendagri Untuk Cegah Radikalisme terhadap Calon Anggotanya

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Dalam menelusuri rekam jejak anggota Polri, Mabes Polri bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mencegah paham radikal masuk ke institusi.

“Dengan bekerja sama dengan Dukcapil kebenaran identitas calon anggota polisi bisa diketemukan kebenarannya,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Sabtu (10/08/19).

Jenderal bintang satu tersebut menyebutkan bahwa identitas tersebut berupa siapa orangtua, latar belakang yang bersangkutan, mulai sekolahnya SD, SMP, SMA.

” Kemudian kalau dia berpindah-pindah di situ ada surat keterangan pindahnya juga,” terang Karo Penmas.

Polri juga memiliki tahapan Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) yang akan dibagi ke dalam dua tahap.

Pertama, bagian Intelijen dan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri akan melakukan profiling, dengan cara mewawancarai orangtua, teman, hingga tetangga calon anggota.

Kedua calon anggota akan diwawancarai untuk menguji kejujuran mereka terhadap data hasil profiling yang didapat.

“Kemudian setelah di lapangan mendapatkan data, masih ada tes tahapan terakhir adalah wawancara. Di wawancara itu menentukan apakah yang bersangkutan jujur atau tidak dengan profiling data yang didapatkan di lapangan,” terang Karo Penmas.

Berikutnya, masih terdapat tahap Penetapan Kelulusan Akhir (Pantukhir). Calon anggota akan kembali diwawancarai pejabat Polda maupun Mabes Polri. Selain itu, media sosial para calon anggota juga akan profiling oleh bagian siber.

“Kalau misalnya nanti selama perjalanan masih ada masukan-masukan dari masyarakat, setelah dilakukan pendalaman ternyata yang bersangkutan ada pelanggaran-pelanggaran sehingga dinilai tidak layak menjadi anggota Polri, langsung di-cut juga,” terang Karo Penmas.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password