Curiga Adanya Serangan Siber, Polri Terjunkan Tim Siber Selidiki Penyebab “Blackout”

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Dalam peristiwa mati listrik mendadak pada akhir pekan lalu, Mabes Polri mencurigai adanya serangan siber. Dittipidter Bareskrim Polri diterjunkan guna menginvestigasi kasus tersebut.

 

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan, pihak Kepolisian telah menugaskan tim khusus untuk melakukan penyelidikan. Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Brigjen Pol. Fadil Imran sebagai pemimpin tim beranggotakan 30 orang.

 

Tim khusus itu juga melibatkan sejumlah pakar teknologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun turut disertakan dalam penyelidikan tersebut.

 

Karo Penmas menjelaskan, pelibatan tim siber dilakukan berkaca dari kejadian serupa yang di Eropa. Ia mengungkapkan bahwa di Eropa pernah terjadi blackout (listrik padam mendadak secara massal) akibat adanya serangan siber.

 

Polri semula meyakini penyebabnya ialah faktor alam. Bahkan, pada Senin (5/8), polri menyampaikan hasil penyelidikan sementara mengungkap penyebab padamnya listrik adalah pohon Sengon yang melampau batas tinggi di sekitar fasilitas pengantar listrik areal Jawa, di Ungaran, di Desa Malon, Gunung Jati.

 

Kepolisian meyakini adanya unsur pidana dalam insiden listrik mati, namun pihaknya akan tetap bekerja sesuai dengan fakta hukum dan pembuktian ilmiah.

 

“Jika hasil penyelidikan membuktikan adanya unsur kesengajaan, dapat ditingkatkan ke penyidikan,” ungkap Karo Penmas Divhumas Polri.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password