Polda Riau Tangkap Sebanyak 26 Tersangka Karhutla Seluas 210,655 Hektare

Tribratanews.polri.go.id – Pekanbaru. Sebanyak 26 tersangka Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berhasil ditetapkan oleh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Riau, sejumlah tersangka masih perorangan, belum ada dari korporasi.

“Sudah ada 26 tersangka. Penetapan tersangka dilakukan sejak Januari hingga 6 Agustus 2019,” jelas Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol. Sunarto, Rabu (07/08/19).

Para tersangka umumnya adalah petani yang membuka lahan dengan cara membakar. Perkara yang menjerat para tersangka ditangani di seluruh Polres di Riau.

“Total luas lahan terbakar akibat perbuatan para tersangka 210,655 hektare,” terang Kabid Humas.

Selanjutnya, dari 26 perkara, 1 perkara berkasnya sudah lengkap atau P21, 11 perkara dalam proses penyidikan, 1 perkara tahap I. Untuk 13 perkara sudah tahan II atau penyerahaan tersangka dan barang bukti ke kejaksaan.

Untuk tersangka korporasi, Kabid Humas menegaskan masih dalam penyelidikan. Saat ini, ada lima perusahaan yang sedang diselidiki Polda karena Satuan Tugas Karhutla menemukan titik api di area konsesi perusahaan itu.

Perusahaan itu yakni PT Jatim Jaya Perkasa Teluk Bano II, PT Wahana Sawit Subur Indah Siak, PT Priatama Rupat (Surya Dumai Group), PT Seraya Sumber Lestari Siak dan PT Langgam Inti Hibrindo. Tim sudah diturunkan ke perusahaan itu.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password