Pilkada dan Pemilu 2019 Sukses, Ketua KPU RI Berikan Penghargaan Kepada Polri

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan penghargaan kepada Polri. Penghargaan yang diberikan itu, karena Polri sudah dianggap sukses membantu KPU dalam mengawal Pemilahan Umum (Pemilu) 2019, baik Pilpres ataupun Pilkada, Rabu (07/08/19)

Ketua KPU RI Arief Budiman yang didampingi para Komisioner KPU mengatakan, pemberian penghargaan berupa piagam itu sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Polri karena telah mendukung KPU dalam melancarkan Pemilu 2019.

“KPU merasa dalam menjalankan tugas kepemiluan, begitu banyak mudah dikerjakan dengan dukungan kepolisian yang maksimal mengingat beberapa kali sistem KPU diserang oleh hacker dari luar sehingga sistem tidak berjalan maksimal. Itu pihak kepolisian kita telepon saja kita WA kerjanya begitu cepat, jadi enggak perlu laporan resmi,” tutur Arief Budiman di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/8).

Bukan hanya itu, alasan KPU memberikan penghargaan kepada Polri. Melainkan juga karena merasa terbantu dalam mengatasi isu yang ada di masyarakat terkait pemberitaan bohong (hoaks) yang menyerang KPU.

“Berita yang bohong disebarluaskan ke masyarakat. Ketika dikonfirmasi teman-teman kepolisian, langsung ikut ke lapangan. Misalnya isu 7 kontainer itu penanganan begitu cepat. Belum lagi serangan lain yang membuat KPU merasa nyaman terlindungi dari gangguan untuk menyelenggarakan pemilu yang baik,” ungkap Ketua KPU RI.

Ketua KPU juga menjelaskan bahwa Polri juga telah dianggap sukses dalam mengawal para pasangan calon presiden-calon wakil presiden selama masa kampanye berlangsung.

“Atas beberapa hal itu, kinerja yang baik maka KPU memberikan penghargaan dan datang langsung ke kepolisian,” tegas Ketua KPU.

Dengan adanya penghargaan tersebut, Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. melalui Wakapolri Komjen. Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H. menyambut baik dan berterimakasih kepada KPU. Polri ingin agar anggotanya tetap semangat dalam menjalankan tugas, terlebih untuk menciptakan suasana yang aman dan tentram.

“Kami Polri melaksanakan tugas merupakan tugas dan tanggung jawab rutin. Akan tetapi dengan adanya penghargaan ini akan menjadikan support kepada anggota khususnya yang mendapatkan penghargaan akan lebih semangat untuk menghadapi kegiatan selanjutnya,” ungkap Wakapolri Komjen. Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto.

Selain itu, Ketua KPU Arief Budiman bersama para komisionernya mengunjungi Mabes Polri adalah untuk membahas Pilkada 2020.

“Kepada kepolisian, kami perlu memberikan atensi khusus. Kami perlu datang ke sini karena ada beberapa hal yang harus dibicarakan secara intensif untuk kepentingan kelancaran Pilkada 2020,” tegas Arief Budiman.

Ketua KPU RI menyampaikan bahwa pihaknya akan merilis tahapan Pilkada 2020 pada 23 September 2019 mendatang. Kemudian, KPU merencanakan pada 23 September yang akan datang itu akan melakukan launching Pemilihan Kepala Daerah 2020,” jelas Arief Budiman.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password