Wujudkan Pilkades Kondusif di Kabupaten Tabalong, Calon Kades Deklarasi Ikrar Damai

Tribratanews.polri.go.id, Tanjung – Deklarasi ikrar bersama para calon Kepala Desa sekabupaten Tabalong dalam rangka pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong di Taman Kota Tanjung pagi Rabu (07/8).

Peserta Calon Kepala Desa yang mengikuti deklarasi ikrar bersama sejumlah 221 orang yang nantinya pelaksanaan Pilkades dibagi menjadi 2 gelombang diantaranya pelaksanaan gelombang pertama pada 22 Agustus 2019 dan gelombang kedua pada Tahun 2021 serta untuk Simulasi pelaksanaan Pilkades dengan menggunakan E- Voting yang akan dilaksanakan di 3 Desa yaitu Desa Kasiau, Desa Kambitin Raya, Desa Tanta.

Usai pelaksanaan pembacaan ikrar damai oleh calon kades, dilanjutkan penandatanganan deklarasi ikrar damai.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si menyampaikan Kita akui bersama, bahwa dalam demokrasi termasuk pilkades tentu mempunyai potensi gangguan keamanan yang tinggi karena lingkup wilayahnya sempit. Oleh karena itu dengan digelarnya deklarasi damai dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak 2019 ini tentunya bertujuan agar semua pihak khususnya para calon kades agar bisa berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifltas wilayah selama tahapan pilkades serentak berlangsung.

Tujuan lainnya dari deklarasi damai ini agar kita semua tidak ada saling bertengkar gara-gara beda pilihan dan beda dukungan. Dimana pada dasarnya seluruh pemilihan itu ada yang menang dan ada yang kalah, semuanya harus siap menang dan siap kalah. Kita ambil contoh pada Pilkada, Pileg dan Pilpres belum lama tadi didaerah kita berjalan dengan aman, kondusif dan lancar, maka selanjutnya pilkades serentak kali ini juga harus bisa melakukan hal yang sama,demi menghasilkan kades yang berkualitas sesuai harapan masyarakat.

Selain itu setiap calon kades kembali saya imbau agar siap menang dan siap kalah. Bagi calon yang kalah harus legowo dan harus mendukung kades terpilih untuk membangun desa. Tidak justru menghasut sana-sini yang akhirnya akan menimbulkan ketidaknyamanan di lingkungan masyarakat. Jadi calon kades harus siap menang dan siap kalah dan dengan niat ikhlas untuk membangun desa, ucapnya.

Tampak Hadir dalam kegiatan Sekda Kab. Tabalong Drs. H.Abdul Munthalib Sangadji M.Si, Dandim 1008 Tanjung Letkol Arm. Edy Susanto, Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, S.Ik yang diwakili Kabag Ops Kompol Joko Sutopo, S.Sos, Unsur Forkopimda Tabalong, Kepala SKPD Tabalong, Kasat Intelkam Polres Tabalong dan Unsur Forkopimca Tabalong.

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, S.Ik juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tabalong atas pelaksanaan ikrar ini. Tentunya dengan ikrar ini sebagai bentuk pertanggung jawaban moral agar seluruh calon kades yg ikut dalam pilkades serentak di kab. Tabalong untuk bisa bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan tertib, bersama-sama menjalin kebersamaan persatuan dan kesatuan. Apalagi saat ini kita semua sedang merayakan Dirgahayu Kemerdekaan Indoneseia ke-74. “Dengan semangat persatuan dan kesatuan mari kita laksanakan pilkades yg damai dan sejuk”. Dn/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password