Buka Pendidikan Bintara Polri, Kapolda Maluku Harapkan SDM Promoter

Tribratanews.polri.go.id, Ambon – Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M., memimpin pelaksanaan upacara pembukaan pendidikan pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2019/2020 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku Passo Ambon, Selasa (6/8/2019).

Pada upacara ini hadir Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigjen Pol. Drs. Teguh Sarwono, M.Si., para pejabat utama Polda Maluku dan pengurus Bhayangkari Daerah Maluku. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah AKBP Apeles Letty, S.H., yang merupakan Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (KA SPKT) Polda Maluku.

Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Maluku mengatakan, dimana era masa kini kualitas sumber daya manusia manjadi kunci untuk meningkatkan daya saing dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa, sejarah telah menunjukan bahwa transformasi negara berkembang menjadi negara maju tidak terpisahkan dari ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas seperti yang telah dilaksanakan oleh negara Jepang, Korea Selatan dan Singapura.

Sejalan dengan hal tersebut kualitas sumber daya manusia juga menjadi faktor kunci dalam pengelolaan organisasi Polri, ketersediaan personel yang memiliki kualitas unggul menjadi aspek penting dalam mewujudkan keberhasilan pelaksanaan tugas, terlebih kedepan tantangan yang dihadapi Polri akan semakin kompleks, hal ini tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutannya Kapolri juga mengingatkan bahwa berbagai kejahatan lintas negara seperti terorisme dan perdagangan kekayaan negara berupa korupsi dan ilegal fishing, kejahatan berimplikasi kontijensi seperti kerusuhan masa terus membutuhkan penanganan yang serius oleh Polri, demikian juga pesatnya perkembangan teknologi informasi yang membutuhkan penanganan secara profesional.

Indonesia menyimpan dinamika kehidupan bermasyarakat dan berbangsa yang sangat lengkap, dalam era demokrasi ini rakyat selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara memiliki peran yang besar dalam menentukan arah kehidupan bangsa, oleh karenanya pemolisian masyarakat di era demokrasi ini harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, hal itu diwujudkan dengan penghormatan terhadap supremasi hukum dan ham serta peningkatan kualitas pelayanan publik serta optimalisasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Diakhir amanatnya, Kapolri mengucapkan terima kasih dan penyampaian penghargaan kepada seluruh penyelenggara pendidikan dalam membina dan membentuk calon anggota Polri yang profesional dan berkualitas.

Selesai pelaksanaan upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan tradisi cukur rambut perwakilan siswa oleh Kapolda, Wakapolda, Bhayangkari dan Tokoh Adat Desa Passo dan penyiraman air kembang kepada para siswa yang baru dilantik oleh Raja dan Tokoh Adat Desa Passo yang diikuti oleh Kapolda, Wakapolda dan para pejabat utama Polda Maluku serta Bhayangkari. (Vr/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password