DUKUNG REVOLUSI MENTAL : Kapolres Trenggalek Berdayakan Program “Kamis Berdoa” Dan “Jumat Bugar”

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat tidaklah mudah. Tantangan yang dihadapi juga semakin berat. Maka pantas saja jika beberapa survei menyatakan Polri sebagai salah satu profesi dengan kecenderungan resiko stressing cukup tinggi dibanding profesi lainnya. Segala rutinitas dan tekanan pekerjaan merupakan menu yang dihadapi anggota Polri.

Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si menilai perlu ada keseimbangan antara beban tugas dengan pola rekreasi untuk mengurangi ketegangan anggota. Atas dasar pemikiran tersebut, Kapolres inovatif ini meluncurkan 2 program baru yakni “Kamis Berdoa” dan “Jumat Bugar”.

(Baca juga : Tingkatkan Profesionalitas SDM Polri : Kapolres Trenggalek Luncurkan Program “T-SKILL”)

Kamis Berdoa (Berserah Diri Dalam Doa) merupakan menjabaran dari pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) yang memfokuskan diri pada sisi manusia sebagai hamba Tuhan. Setiap hari Kamis seluruh anggota tanpa kecuali diwajibkan mengikuti kegiatan religi sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Bagi yang beragama Islam mengikuti kegiatan di Masjid Baitul Muttaqin yang dikemas melalui salat Dhuha berjamaah dilanjutkan yasinan. Sesi terakhir diisi dengan ceramah agama oleh ustadz atau ulama. Begitu pula yang beragama lain.

Pelaksanaan program Kamis Berdoa di masjid Baitul Muttaqin Polres Trenggalek
Pelaksanaan program Kamis Berdoa di masjid Baitul Muttaqin Polres Trenggalek

Tak hanya di tingkat Polres. Jajaran Polsek juga wajib melakukan hal yang sama. Bisa memanfaatkan ruang kosong di kantor atau masjid/mushola terdekat.

Program Kamis Berdoa yang diselenggarakan oleh Polsek jajaran
Program Kamis Berdoa yang diselenggarakan oleh Polsek jajaran

3c8e5a62-3947-4e41-ae11-0e7b6eb29798055db1fc-0347-424d-9fec-805d47c7b934 367646ff-4017-420e-b8df-4c09bfb4a71c 4582145a-da56-48ba-8ac6-78f64bbc1dfa f951bc80-678c-4fde-8697-f032a7cef91f“Dengan iman dan taqwa yang kuat, anggota akan terhindar dari perbuatan tercela atau pelanggaran lainnya”, ujar Donny.

Sedangkan Jumat Bugar adalah sebuah program olahraga bersama yang juga dilaksanakan menyeluruh baik Polres maupun Polsek. Donny menjelaskan, masing-masing diberi kebebasan untuk mencari ide olaharaga apa saja sesuai dengan hobi masing-masing.

Program Jumat Bugar di lingkungan Polres Trenggalek
Program Jumat Bugar di lingkungan Polres Trenggalek
Program Jumat Bugar yang dilaksanakan Polsek jajaran
Program Jumat Bugar yang dilaksanakan Polsek jajaran

“Olahraga itu harus senang dulu, biar gak malas harus bersama-sama”, tambahnya.

Selain itu dengan olahraga bersama bisa membangun soliditas dan solidaritas antar sesama anggota sebagai satu kesatuan utuh.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

Admin Polri54660 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password