Dir Lantas Polda Babel : Samolnas Aplikasi Berbasis Self Service

Tribratanews.polri.go.id – Bangka Belitung. Pada era zaman milenial saat ini perkembangan teknologi dirasa sangat cepat, oleh karena itu Polri dituntut harus mempunyai inovasi  dalam pelayananya kepada masyarakat.

Direktur Lalu Lintas Polda Babel, Kombes Pol. Agus Factulloh, S.I.K., menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini akan meluncurkan aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional).

“Ini adalah contoh bahwa kami beradaptasi dengan perkembangan zaman, yaitu teknologi pelayanan publik. Kita harus mengikuti kebiasaan masyarakat, yang penting kewajiban tertunaikan,” jelas Dirlantas Polda Babel.

Saat ini baru enam provinsi yang sudah efektif menerapkan Samolnas berikutnyakan disusul Provinsi lainya. Meski begitu, penandatanganan kerja sama sudah dilakukan di 34 provinsi.

“Penandatanganan sudah 34 provinsi sejak April lalu, tapi yang sudah berjalan lima daerah ditambah Jabar jadi enam,” terang Dirlantas Polda Babel.

Diharapkan dalam waktu dekat ini Samolnas yang merupakan program dari Korlantas Mabes Polri, akan diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kep. Bangka Belitung.

Samolnas bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan mencerminkan pola Good Government Service. Samolnas juga merupakan implementasi inovasi pelayanan pembayaran PKB, SWDKLLJ, dan pengesahan STNK tahunan secara elektronik.

“Samolnas berbasis self service dengan mengedepankan fungsi keamanan, integrasi dan otomatisasi,” tutup Dirlantas Polda Babel.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password