Polisi Ciduk Pelaku Penjual Satwa Dilindungi di Palu

Tribratanews.polri.go.id – Palu. Polda Sulawesi tengah (Sulteng) berhasil mengamankan seorang pria berinsiial I, pelaku penjual satwa dilindungi seperti burung Kakatua Jambul Kuning, Nuri jenis Red Lory, serta Nuri jenis Green Lory. Sstwa dilindungi tersebut diperjualbelikan melalui media sosial yang diperolehnya dari Pelabuhan Pantoloan, Palu.

 

Pelaku diamankan di kawasan hunian sementara (Huntara) Desa Wani, Donggala. Dia diduga baru saja menjemput hewan tersebut di Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu. Diduga akan memperdagangkan hewan tersebut melalui media sosial. Burung yang disita dalam penangkapan tersebut akan diserahkan ke pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulteng.

 

“Kita menangkap salah seorang warga yang saat ini sedang di proses dalam penyelidikan terkait upaya perdagangan hewan satwa yang dilindungi. Ada 22 burung endemik kita sita berasal dari Maluku, yang terdiri dari berbagai jenis,” jelas Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto di Mapolda Sulteng pada Kamis, (1/8).

 

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 21 ayat (2) huruf a UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Polisi menyebut I terancam hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password